Indahnya Berbagi

Dan sebaik-baiknya manusia, adalah yang bermanfaat bagi yang lainnya “, demikian sabda Nabi Muhammad SAW dalam salah satu hadits.

Salah satu pertanda kita bermanfaat bagi orang lain adalah apabila kehadiran, peran dan bantuan  kita dinantikan oleh pihak lain. Kita dapat bermanfaat bagi orang lain apabila ada sesuatu yang bisa kita berikan dan sampaikan kepada orang lain, baik itu berupa saran, tenaga, doa, keterampilan, ilmu maupun  materi.

Bagaimana caranya  agar kita bisa bermanfaat bagi orang lain? Kalau kita ingin memberikan sesuatu sesuai yang diperlukan orang lain, berarti kita harus punya sesuatu kelebihan atau kemampuan yang belum dimiliki orang lain.

Oleh karenanya, jadilah yang terbaik yang kita bisa, kerjakan dengan cara yang lebih baik daripada biasanya. Dan semakin sering kita berbagi dengan membantu sesama, maka Allah akan memberikan kita kelebihan dan kemampuan yang lainnya. Karena hitungan matematika manusia berbeda dengan matematika Allah, demikian kata Ustad Yusuf Mansyur. Kalau hitungan matematika manusia, semakin sering kita memberi akan semakin kurang sesuatu yang kita miliki. Namun sebaliknya, menurut rumus sedekah atau matematika Allah, semakin banyak kita memberi akan semakin bertambah pula rezeki yang kita terima, dan pengertian rezeki tidak hanya sekadar uang, tetapi dapat berupa pengetahuan, ilmu, kesehatan, anak yang soleh, keluasan waktu dan kesempatan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s