Menulis itu Gampang

Tulis yang kamu kerjakan dan kerjakan yang kamu tulis. Demikian nasihat yang pernah saya terima dari senior.

Bagi sebagian orang,  menulis dianggap sebagai aktivitas yang sulit. Sering, hambatan itu muncul karena kita tidak tahu ide apa yang akan kita tulis. Padahal ide itu dapat berasal dari berbagai macam : apa yang telah kita kerjakan, pengalaman, pengetahuan, pendapat atau imajinasi kita. Novel-novel laris pun seperti Ayat-Ayat Cinta, Laskar Pelangi, dan Negeri 5 Menara yang semuanya difilmkan, ditulis berdasarkan pengalaman nyata penulisnya.

Khawatir apabila tulisannya dinilai jelek oleh orang lain juga menjadi penyebab mengapa orang enggan menulis.

Di era sekarang ini, sebenarnya kita dimudahkan untuk menjadi penulis. Bagaimana tidak, dulu sebelum ada internet dan blog, kalau kita buat tulisan lalu mengirim tulisan ke majalah atau koran, perlu menunggu berminggu-minggu untuk tahu dimuat atau tidak.  Dimuat pun, setelah mengalami proses editing yang ketat oleh tim redaksi.

Saat ini, dengan teknologi internet dan weblog, kita bisa langsung buat blog. Mau pakai blogspot, wordpress atau Joomla!, tinggal pilih dan pelajari sendiri. Kalau nggak ngerti, bisa tanya ke mbah google gimana cara bikin blok. Nanti dia akan kasih tahu jawabannya. Proses selanjutnnya, bikin tulisan dan langsung terbitkan. Syaratnya nggak susah kok. Bisa membaca, mengetik dan tahu internet (bukan indomie, telur, kornet lho).  Gimana ? Gampang kan.

8 pemikiran pada “Menulis itu Gampang

  1. Nulisnya gampang pak, cari idenya yang susah. Sudah dapat ide, sak jam kemudian nguap, apalagi kalau ada orang kampung marah-marah😀

    1. ada lagi, kalau penyakit malas mulai berjangkit …
      waduh, ampuuuuun deh …
      mengatasinya susah banget … 😦
      walaupun ide banyak , bahkan tulisan di draf juga ada, tetap aja kok ya maleeees banget …
      sampai bbrapa kali bunda sempat hiatus gara2 penyakit malas ini😦
      salam

      1. Kalau penyakit malas lagi datang, obatnya harus memaksakan diri, Bunda.
        Paksa diri kita untuk berbuat atau kerjakan sesuatu..

        Kalau diikuti terus, wah penyakit malas nggak bakal hilang deh. Malahan tambah jadi, Bunda.

        Salam

  2. farhah faridah

    Sekarang banyak penerbit, tentunya rugi ya kalo dalam setahun ga nerbitin buku apa2. Aku sering dapat info lomba menulis utk diterbitkan menjadi antologi 100 penulis or apalah, tapi ntar yg ditulis biasana cuma nama dia aja yg ngadain lomba hehehehe….hadiahnya juga kecil….jadi kesempatan nulis memang sekarang banyak, buku2 dari berbagai penerbit juga berjubel di rak toko buku, sampe susah nyari yg pas. Tapi Yud, aku sih lebih suka kirim ke majalah hehehehe…..walau diedit bisa mejeng hahahaha……narsis juga ya dan jadi keterusan karena sering dimuat hahaha……..lumayan. Kalo bwt blog belum disetujui sama sebelahku hahahaha…..setelah konsep yg kuinginkan diutarakan, katana coba cari konsep yg lain yang bermanfaat dan tidak narsis

    1. Ya, untuk penerbit terkenal, memang punya standar mengenai tulisan yang layak dimuat. Demikian juga dengan penulisnya, biasanya yang punya reputasi.
      Syukurlah, kalau tulisan Farhah sering dimuat di majalah, berarti kan ada bakat dan kemampuan menjadi penulis profesional. Btw, di majalah apa nih?
      Kalau untuk saya, menulis sekadar menyalurkan hobi alias selingan aja, Far. Syukur-syukur, apa yang saya tulis bermanfaat untuk pembaca yang mampir ke blog saya.
      Dari judul tulisan yang ada, saya bermaksud menyampaikan pendapat bahwa saat ini dengan fasilitas blog, siapa saja bisa mengungkapkan pemikiran dan isi hatinya dalam bentuk tulisan agar diketahui orang banyak.
      Untuk yang sudah berumah tangga, sebelum memutuskan nulis di blog memang perlu diskusi dengan yang di sebelah, supaya nggak jadi masalah.. Betul itu, Far.
      Wah, saya dapat satu ide lagi nih dari Farhah untuk nulis, ha..ha..ha..ha..ha..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s