Menabung Supaya Beruntung

sumber : awanukaya.com

Alhamdulillah, akhirnya si bungsu, Nabil, diterima di SD yang dia inginkan, sekolah yang menurut pendapat  sebagian  orangtua murid  termasuk favorit di kota Pontianak. Meski ada juga yang berkomentar kalau biaya pendidikan di sekolah tersebut cukup mahal dibandingkan sekolah swasta yang lainnya.

Di tengah pro kontra menanggapi semakin mahalnya biaya pendidikan, setiap orang tua tentu menginginkan sekolah yang terbaik bagi anak-anaknya. Jangan sampai keinginan dan cita-cita anak untuk bersekolah akhirnya kandas, gara-gara orangtua tidak punya biaya.

Tentu pernah kita dengar,  gimana repotnya orangtua saat menghadapi tahun ajaran baru. Selain sibuk mencari sekolah, orangtua juga harus pontang-panting menyiapkan biayanya. Ada yang terpaksa berutang, gadaikan perhiasan atau bahkan menjual barang. Apalagi kalau pada tahun yang sama, anak yang meneruskan ke jenjang yang lebih tinggi tidak hanya satu.  Satu anak masuk SMP,  yang lainnya masuk SMA atau perguruan tinggi.

Terus gimana?  Kuncinya adalah menabung.

1.    Menabung di sekolah

Di sekolah, biasanya anak-anak diminta untuk menabung secara teratur.  Sejak  di TK kecil, Nabil telah diajari menabung. Tahun ini tabungannya bisa digunakan membayar sekitar 40 % biaya masuk SD yang dia inginkan. Nah, kekurangannya yang 60%, tugas  orang tua menyiapkannya. Kebiasaan menabung ini juga dilakukan oleh dua kakak perempuannya.

2.    Menabung di bank  

Saat ini, hampir sebagian besar bank memiliki produk tabungan pendidikan. Tugas orangtua menyisihkan  penghasilannya tiap bulan untuk ditabung selama jangka tertentu.  Idealnya, menurut perencana keuangan (Financial Planner), 10 – 30 % penghasilan tiap bulan untuk tabungan atau investasi.

Kalau tiap bulan menabung 200 ribu  selama 6 tahun secara rutin, pada saat anak lulus SD sudah tersedia dana untuk meneruskan ke SMP. Ditambah tabungan di SD, jumlahnya sangat membantu dibandingkan kalau baru sibuk mencari uang saat anak akan masuk SMP.

Ada beberapa manfaat pentingnya menabung bagi anak dan orangtua :

1. Menanamkan kesadaran harus berusaha untuk sebuah keinginan

Jangan sampai orangtua berkata nggak punya biaya untuk sekolah anaknya. Ucapan ini akan melemahkan keinginan dan semangat anak untuk bersekolah.

2.  Menanamkan rasa percaya diri pada anak

Menabung membuat anak percaya diri bahwa dia bisa bersekolah di tempat yang diinginkan.

3.  Melatih anak untuk bertanggungjawab

Selain untuk biaya sekolah, jika anak ingin membeli buku, ikut les atau kursus, dia dapat menggunakan tabungannya untuk  memenuhi kebutuhan tersebut.

4. Memudahkan orangtua mempersiapkan dana  bagi anak

Seperti peribahasa sedia payung sebelum hujan. Orangtua jangan sampai baru sibuk mencari dana ketika anak-anaknya akan memasuki tahun ajaran baru.

Meski biaya pendidikan naik tiap tahun, beruntung kalau dari awal kita menabung.

3 pemikiran pada “Menabung Supaya Beruntung

  1. farhah faridah

    Tampilan blogna baru ya, terlihat lebih bagus. Kalo menurutku sih, untuk sekolah favorit dan biaya pendidikan mahal memang pro dan kontra ya smp jadi pembicaraan di lunch time kantor hehehe…., hm…….itu sih terserah masing-masing pandangan orang tua aja dalam memilih sekolah untuk anak-anakna. Kalo aku sih berharap supaya standar sekolah bisa disamakan dan semua anak mempunyai kesempatan yg sama, seperti saat aku dulu mau masuk SMA, dengan nem bagus bisa masuk, lah sekarang, selain nilai bagus mesti juga ada dana yang besar. Kasihan utk anak yang memenuhi syarat nilai tapi tidak punya biaya. Tapi aku setuju dengan membiasakan kebiasaan menabung, uangna bisa dipake utk hal2 mendadak keperluan ybs, salah satuna biaya sekolah, biar ybs juga merasakan bukan hal yg mudah mendapatkan uang dan seenakna minta dibelikan sesuatu. Tulisan kamu dah banyak juga ya…..cukup produktif. Aku malah belum mulai lagi, lagi audit BPK nih….

  2. menggalakkan menabung disekolah itu , hal yg baik utk anak2, agar mereka terbiasa menabung
    dan, ketika akhir tahun ajaran, mereka pasti bergembira krn hasil tabungannya ternyata sudah banyak …
    dulu, anak2 bunda jg menabung disekolah, dgn menyisihkan uang jajan yg diberikan
    salam

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s