Kembalikan pada Tempatnya Semula

Ada satu masalah sepele yang sering bikin saya jengkel. Apa itu? Mencari barang yang nggak ingat lagi di mana menyimpannya.

Pada waktu tidak diperlukan, kita nggak peduli, tapi pada saat mau digunakan, baru sibuk setengah mati mencari.

Kunci kendaraan, kunci rumah, STNK, dompet, laporan sering membuat kita sibuk mencarinya gara-gara teledor menyimpan. Waktu pun habis terbuang dipakai mencari barang yang terselip entah dimana.

Dan kejadian ini bisa dialami siapa saja, termasuk  saya…

Cerita dimulai ketika salah satu teman kerja meminjam dokumen. Gara-gara satu berkas dokumen dipinjam teman lain dan tidak dikembalikan di tempat asalnya, saya sampai harus berkeringat mencarinya.  Di ruang kerja, lemari dan laci saya buka satu persatu dan periksa, ternyata hasilnya nihil!.  Nggak cuma saya, yang lain pun sibuk setengah mati mencari dan tetap nggak ditemukan.

Sementara itu, sang teman terus-terusan tanya, ada nggak dokumennya?

Karena terus-menerus ditanya, saya pun bilang, “Kalau dokumennya sudah dikembalikan, nggak mungkin nggak ada di tempat saya. Saya yakin dokumen itu belum dikembalikan“.

Sambil beristirahat sebentar menghilangkan keringat, saya pun coba merekonstruksi daya ingatan dan berpikir siapa  yang terakhir yang meminjam dokumen itu.

Akhirnya ingatan saya tertuju pada staf yang sudah berhenti. Proses pencarian pun dilanjutkan lagi dan saya meminta staf lain untuk mencarinya. Mencarinya di mana? Sasaran utama : meja mantan karyawan tersebut yang biasa dipakai untuk menyimpan arsip.

Dugaan saya tidak salah….

Tidak sampai seperempat jam, dokumen akhirnya ditemukan di dalam meja panjang dan disimpan dalam tas plastik putih, lengkap. Lega rasanya,  proses pencarian pun berakhir sudah.

Dari pengalaman tersebut, sekarang ini, siapa saja yang mau pinjam dokumen harus tulis nama dan dokumen yang dipinjam di buku catatan peminjaman.  Dan barang pun harus dikembalikan ke tempatnya semula.

Jadi,  jangan lagi hanya  mengandalkan daya ingat…

Sumber gambar : rumah online.blogspot.com
Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s