Bis yang Melewati Tiga Negara

Rute bis biasanya melewati beberapa kota dalam satu pulau atau beberapa kota antara dua pulau yang masih berada  dalam satu negara.

Tidak demikian halnya dengan rute bis di Kalimantan Barat (Kalbar). Selain melayani rute antar kota dalam propinsi, seperti Pontianak – Sintang PP, Pontianak – Nanga Pinoh PP, Singkawang – Sintang PP, rute bis tersebut juga melayani antar kota lintas negara.

Oleh karena transportasi jalan dari Kalbar telah terhubung ke negara bagian Sarawak Malaysia melalui perbatasan Entikong,  beberapa perusahaan milik swasta ataupun milik negara (BUMN) juga mengoperasikan bis antar negara rute Pontianak – Kuching dengan tarif  Rp 160.000 per orang sekali jalan.

Tidak hanya itu, perusahaan milik negara, DAMRI, juga telah mengoperasikan bis dengan rute yang berbeda yang melintasi tiga kota dalam tiga negara, yaitu  Pontianak  (Indonesia) – Serian (Malaysia) – Bandar Seri Begawan (Brunei Darussalam).

Bis yang melintasi tiga negara tersebut berangkat dari Pontianak pukul 07.30 setiap hari menuju Bandar Seri Begawan dengan waktu tempuh 23  – 27  jam. Harga tiketnya  Rp 550.000 per orang  sekali jalan dengan kapasitas tempat duduk 28 – 36 orang.

Memang ironis, transportasi darat antar negara dari Kalbar telah terhubung dengan lancar hingga negara tetangga, yaitu Malaysia dan Brunei. Namun, dengan propinsi tetangga seperti Kalteng, Kalsel dan Kaltim, justru belum ada akses jalan yang memadai yang memungkinkan transportasi umum dari Kalbar menjangkau kota-kota di ketiga propinsi tersebut.

Hal tersebut ditambah lagi tidak adanya sarana transportasi udara yang langsung menghubungkan antar ibukota propinsi di pulau Kalimantan, baik dari Pontianak – Samarinda, Pontianak – Palangkaraya ataupun Pontianak –  Banjarmasin. Untuk melakukan perjalanan menuju kota – kota tersebut via udara, harus memutar dan transit di Jakarta terlebih dahulu.

Tak heran, kalau saat ini tetangga saya yang tinggal di Pontianak bila ingin kembali ke tempat kerjanya di Banjarmasin menggunakan pesawat, harus singgahdan jalan-jalan di Bandara Soekarno Hatta terlebih dahulu, karena pesawat yang ada rutenya  dari Pontianak – Jakarta dan  dilanjutkan dari Jakarta – Banjarmasin.

Itulah faktanya, meski dalam satu pulau, transportasi darat ke negara tetangga sangat lancar, tetapi ke propinsi tetangga malah harus memutar .

Sumber foto : regional.kompasiana.com

11 pemikiran pada “Bis yang Melewati Tiga Negara

  1. yantorius

    Salam pak Yudhi. Saya Yantorius mahasiwa unpar yg magang di PT SBK th. 2004 dulu pak. Apa kbr pak? Saya baru 2 minggu di Pontianak, susah kalau mau pulang ke Palangka Raya,transit Jakarta dulu. Mudah2an ada travel ke Kalteng dihari2 yg akan datang

  2. Yudi Mohamad Daud

    Saya orang Kuching, Sarawak, Malaysia. Saya sudah berpuluh puluh kali ke Kota Pontianak dan saya teringin mau naik bas dari Kota Pontianak ke Kota Banjarmasin.

    1. Dari Pontianak naik bis ke Pangkalan Bun. terus dari Pangkalan Bun ke Palangkaraya juga naik bis antar kota. Dari Palangkaraya ke Banjarmasin bisa naik bis ata travel

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s