Bukan Sekadar Praktek Kerja

Sekeping Compact Disc  (CD) saya terima beberapa hari lalu dari mahasiswi-mahasiswi yang berasal dari kota hujan. CD berjudul “ Kenang – kenangan PKL  17 Peb – 17 April 2012 IPB ” tersebut, mengingatkan saya pada tiga cewek yang selama dua bulan tinggal di pedalaman Kalimantan untuk praktek kerja. CD yang berisi semua kegiatan yang mereka ikuti selama praktek kerja.

Waktu perkenalan dan pemberian arahan kegiatan untuk tiga “Charlie’s Angels” itu, mereka ternyata berasal dari daerah yang berbeda :  Afif dari Bogor, Mike asal Bengkulu dan Diah yang kampung halamannya di Kuningan.

Setiap tahun, mahasiswa-mahasiswi datang dan berkunjung ke tempat kerja. Tujuannya untuk praktek kerja, magang atau penelitian. Satu kelompok biasanya ada 3 – 5 orang, biasanya dua cewek dan tiga cowok atau sebaliknya. Jarang ada yang cewek atau cowok semua. Namun, sudah dua periode ini, Fakultas Kehutanan IPB mengirimkan dua kelompok praktek yang semua anggotanya cewek.

Nggak cuma mengikuti praktek, kadang – kadang ada juga mahasiswi yang ketemu jodohnya di lapangan dan menikah dengan karyawan. Sambil magang dapat pasangan. Sambil penelitian sekaligus ketemu sang idaman….

Memang Tuhan sudah mengatur jodoh seseorang, termasuk yang dipertemukan di tengah hutan. Terbukti, sampai saat ini, sudah ada lima karyawan yang ketemu jodohnya, dapat mahasiswi yang sedang magang atau penelitian.

Nah, cerita kembali ke tiga mahasiswi tadi : AMD (namanya disingkat biar simpel). Ada hal yang bikin mereka berbeda dengan mahasiswa-mahasiswi lainnya ketika praktek. Ada dua sebab yang bikin saya salut dan angkat jempol untuk mereka :

1.    Praktek Kerja bukan Sekadar Cari Nilai

Selesai menjalani PKL, ada forum presentasi. Mahasiswa-mahasiswi akan diminta menjelaskan apa saja kegiatan yang dilakukan selama di lapangan. Penyampaian materi presentasi dan diskusi terjadi di forum ini antara peserta praktek dan para pendamping lapangan dari pihak perusahaan.

Dari penjelasan mereka, akan terlihat apakah mereka sungguh-sungguh menjalani praktek atau sekadar memenuhi kewajiban dari Fakultas. Dari jawaban mereka akan tersimpulkan, apakah mereka benar-benar mencari data dan melihat fakta atau berleha-leha.  Dari pertanyaan mereka, akan diketahui apakah mereka aktif dan menguasai materi atau justru pasif.

Hasil pengamatan selama presentasi, ternyata ketiga cewek tersebut benar-benar menunjukkan kesungguhan dalam mengikuti setiap kegiatan. Satu persatu tampil menjelaskan disertai data dan fakta yang meyakinkan.

Bahkan di luar dugaan, tanpa diminta, mereka melakukan pengamatan sendiri. Kegiatan yang tidak termasuk dalam materi praktek kerja. Ketiganya bukan sekadar ikut kegiatan, tapi juga sekaligus melakukan pengamatan. Tidak cuma sekadar ingin mendapat angka, tapi juga ikut mencoba.

Memang, di fakultas mereka, praktek kerja merupakan kegiatan yang diwajibkan. Sementara di tempat lainnya, praktek kerja adalah pilihan. Namun, bagi AMD, tampaknya praktek bukan sekadar menjalankan kewajiban fakultas. Tapi suatu kesempatan untuk melihat dan menjalani “dunia lain” yang berbeda dengan dunia kampus.

Dunia yang sangat berbeda dengan berbagai teori, informasi dan pengetahuan yang selama ini mereka terima di bangku kuliah. Dunia yang akan melengkapi wawasan dan pengalaman mereka, serta bermanfaat ketika menjalani kehidupan selanjutnya.

2.    Tidak Eksklusif dan Mau Membaur

Keakraban tidak hanya terjadi di antara mereka bertiga. Dalam berbagai kegiatan, terlihat mereka tidak canggung bergaul dengan karyawan dan masyarakat.

Saat mengikuti kegiatan pembinaan masyarakat, mereka tidak segan datang ke rumah warga dan berbincang-bincang dengan penghuninya.

Bahkan dengan petugas pendamping, keakraban terasa ketika makan siang atau makan malam. Tidak hanya menunggu hidangan siap, mereka justru ikut membantu memasak. Apalagi jaman sekarang ini, ada lho sudah mahasiswi dan calon ibu rumah tangga tapi nggak bisa masak.

Keakraban yang terjalin tidak hanya terbatas saat mengikuti kegiatan lapangan. Kesan-kesan yang menawan yang diingat tidak hanya oleh karyawan, tapi juga warga masyarakat.

Makasih buat Afif, Mike dan Diah, atas kiriman sekeping kenangan di lapangan.

Selama saya kerja, baru kali ada mahasiswa atau mahasiswi yang tidak cuma kirim laporan hasil praktek kerja, tapi juga sekaligus dokumentasinya secara lengkap. Salut banget dan sukses buat kalian bertiga.

Salam………

Sumber gambar  :

Foto dokumentasi mahasiswi PKL IPB 2012 (Afif, Mike dan Diah)

Iklan

2 pemikiran pada “Bukan Sekadar Praktek Kerja

  1. subhanallah.. sungguh surprise tiba-tiba bisa menemukan artikel yang bapak tulis tentang kami.. terima kasih banyak Bapak dan seluruh staf dan masyarakat yang sudah ngebantu kami bertiga selama praktek kerja lapang… sangat amat merindukan suasana indah di CCN Bapak.. sangat amat berharap suatu saat bisa berkunjung ke CCN lagi dan bertemu semua lelaki tangguh yang sudah mengawal kami selama di sana..hehehe

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s