Hanya 35 menit dari Pontianak ke Sintang

“Kalau naik pesawat, waktunya hanya 35 menit”, ungkap salah seorang tamu di dalam kendaraan jemputan. “Dari Sintang ke camp berapa jam”, tanya tamu lainnya yang duduk di sebelah kanan saya. “Masih 4 jam lagi, Pak”, jawab saya dalam perjalanan dari Sintang ke Nanga Pinoh.

Lebih cepat perjalanan dari Pontianak ke Sintang, daripada dari Sintang ke camp. Padahal jarak Pontianak – Sintang sekitar 500 km, sementara jarak tempuh dari Sintang ke camp tidak sampai sepertiganya.

Setelah pesawat Kalstar beroperasi melayani rute Pontianak – Sintang, beberapa tamu sering menggunakan moda transportasi udara ini sebagai alternatif perjalanan menuju camp. Jadwal terbang pesawat  jenis ATR tersebut setiap hari dengan kapasitas 50 tempat duduk.

Berangkat dari Pontianak pukul 13.00 WIB dan tiba di Sintang pukul 13.35. Setelah menurunkan penumpang dan barang sekitar 20 menit, pesawat terbang lagi ke Pontianak pukul 13.55.

Sebelumnya, tamu-tamu sering menggunakan bis umum eksekutif atau kendaraan travel dari Pontianak ke Nanga Pinoh. Waktu tempuhnya 9 jam, dilanjutkan menggunakan kendaraan umum sekitar 2 jam ke camp.

Perlu waktu 11 jam perjalanan untuk mencapai daerah yang masih berada dalam satu propinsi. Betapa luasnya propinsi Kalimantan Barat. Luasnya sama dengan satu setengah kali luas Jawa ditambah Bali. Kalau di pulau Jawa, waktu tempuh selama itu sudah melewati 6 propinsi : Jabar, Banten, DKI Jaya, Jateng, DIY dan Jatim.

Dengan menumpang pesawat Kalstar, total waktu tempuh ke camp menjadi 4,5 jam. Menghemat waktu dan tidak menguras fisik dan tenaga. Terus, kalau naik pesawat Kalstar, berapa harga tiketnya? Dari Pontianak ke Sintang tiketnya Rp 459.300. Sekitar empat kali lipat harga tiket bis. Kalau bicara harga tiket, memang lebih mahal. Tapi waktunya tempuhnya hanya 1/16 kali dibandingkan waktu tempuh bis. Pilih mana?

Bagi penumpang yang super sibuk, dari sisi waktu jelas lebih efisien naik pesawat. Apalagi kalau penumpang ingin meneruskan penerbangan selanjutnya ke kota lainnya. Seperti waktu para tamu tersebut pulang ke Pontianak. Setelah terbang dari Sintang menggunakan Kalstar dan tiba di bandara Supadio, mereka melanjutkan perjalanan ke Jakarta menggunakan pesawat lainnya.

Tidak perlu ke luar bandara, tidak perlu menginap lagi di hotel. Cukup menunggu di bandara untuk penerbangan selanjutnya.

Sumber bacaan ;

– Pontianak Post

3 pemikiran pada “Hanya 35 menit dari Pontianak ke Sintang

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s