Pertandingan yang Mengasyikkan dan Menegangkan

“Nggak main, Pak?, tanya beberapa orang, ketika saya berjalan menuju lapangan bulutangkis kemarin sore (5/10).

“Istirahat dulu, masih capai”, jawab saya sambil melihat lapangan pertama yang sudah mulai digunakan untuk bertanding. Partai pertama adalah tunggal putra, sementara di lapangan dua bersiap-siap untuk partai berikutnya, ganda putra.

Turnamen bulutangkis yang digagas teman-teman di camp ini memang mengasyikkan. Olahraga di sore hari biar badan sehat. Untuk mengisi waktu di sore hari, dibuatlah format pertandingan yang terdiri atas enam grup. Satu grup berisi lima orang. Satu pemain tunggal dan empat pemain ganda putra.

Setiap grup bermain dengan sistem kompetisi penuh. Setiap grup memainkan satu partai tunggal dan dua ganda. Jadwal pertandingan dibuat menyesuaikan dengan kegiatan masing-masing pemain. Super fleksibel. Namanya juga mengisi kegiatan selepas jam kerja.

Tidak setiap grup harus menyelesaikan tiga partai dalam satu hari sekaligus. Terkadang satu hari hanya satu partai tunggal. Besoknya lagi dilanjutkan dengan partai ganda. Karena salah satu pemain gandanya sedang tugas ke lapangan, ijin atau mendampingi tamu. Jadi jadwalnya hasil kompromi siang atau sore hari sebelum pertandingan dimulai.

Untuk modal pembelian shuttlecock dan hadiah bagi juara, masing-masing pemain diminta iuran 50 ribu rupiah.

Suasana pertandingan memang beda dengan latihan biasa. Atmosfir permainan terkadang menegangkan, apalagi kalau ada pemain yang nggak terbiasa tampil di depan umum dan dilihat orang banyak.

Pada saat latihan, mainnya bagus sekali. Tapi saat bertanding, jurus-jurus dan trik bermainnya justru nggak terlihat. Mungkin demam panggung dan gugup. Wajah-wajah tegang terlihat ketika poin demi poin diraih sang lawan.

Ditambah teriakan para supporter yang bisa menjatuhkan mental pemain. “Ayo, ini pasti menang 3 – 0! Arahkan ke pak X bolanya! Ambil oksigen! Kamu bisa!, teriakan supporter bersahutan menyemangati kawannya satu grup yang sedang bertanding.

Ada juga kejadian yang lucu dan unik, satu pemain ganda yang dikasih dukungan kawannya, bukannya makin bersemangat. Malah dijawab dengan muka serius, “Kamu jangan banyak omong”. Aneh, orang dikasih dukungan kok malah balik marah ke kawannya yang mendukung….hahahahaha. Stresss kali, saking tegangnya bermain.

Kalau saya waktu bertanding sih, enjoy aja. Kebetulan diminta untuk main ganda pertama. Perkara lawan mau unggul sampai 5 poin, game poin duluan, game pertama kalah, supporter teriak-teriak, nggak terlalu ngaruh. Yang pasti, setiap kali pengembalian bola saya masuk dan meraih poin, ganti saya teriak yesss sambil mengepalkan tangan.

Prinsipnya, main dengan semangat, sungguh-sungguh dan gimana menikmati pertandingan sebaik-baiknya. Kalaupun toh akhirnya kalah, nggak apa-apa, paling tidak lawan merasakan susahnya meraih poin demi poin dari kami berdua.

Yessss

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s