Dapat Apa Setelah Belajar Internet ?

Pasti banyak yang didapat setelah kita belajar internet. Teknologi yang satu ini memang benar-benar mengubah dunia. Mengubah pola kita berkomunikasi. Mengubah cara kita mendapat informasi. Mengubah cara kita mengirim data. Mengubah perilaku kita mempelajari sesuatu. Segala informasi menjadi lebih cepat didapat hanya dalam hitungan detik.

Bagi saya, awalnya beranggapan belajar internet itu sulit. Apalagi yang namanya kirim dan balas email. Gimana caranya juga nggak tahu. Tuntutan dalam pekerjaan yang memaksa saya untuk belajar. Kadang-kadang untuk berubah memang harus dipaksa.

Jadi kalau ada yang bilang berubah itu harus muncul dari kesadaran seseorang, nampaknya sulit. Perlu ada faktor pemaksa yang membuat seseorang harus berubah. Nggak usah jauh-jauh.  Lha, contohnya saya sendiri.

Saya berpikir, kalau ada tamu yang tanya dan minta alamat email, terus saya nggak punya alamatnya, gimana mau jawab?. Orang sekarang, kalau ketemu teman atau relasi baru, biasanya ada dua hal yang ditanya dan diminta : berapa nomor hp-nya dan alamat emailnya.

Sejak saat itu, mulailah belajar bikin akun email, buat surat, balas surat sampai gimana caranya melampirkan data. Jadi internet nggak cuma dipakai untuk FB-an, browsing cari berita atau chatting.

Bayangan awal sulitnya belajar buat email, pelan – pelan hilang setelah mencoba. Nah, ini pelajaran baru lagi. Sesuatu yang baru akan terbayang sulit ketika hanya dipikirkan. Tapi setelah dicoba dan dilakukan, ternyata nggak susah kok.

Kalau gagal, coba lagi. Gagal, ulangi lagi. Gagal, jangan segan tanya sama yang sudah bisa, walaupun umurnya lebih muda dari saya. Akhirnya bisa juga. Kuncinya cuma perlu kemauan dan buang jauh-jauh yang namanya gengsi.

Setelah merasakan nikmatnya bisa mempelajari buat email, saya belajar yang lain lagi dari internet. Apa itu?. Gimana membuat presentasi yang lebih baik dari sisi disain dan isi materi. Ini juga perlu saya pelajari, karena ada hubungan dengan pekerjaan saya. Tiap bulan saya harus presentasi secara rutin. Belum lagi ditambah presentasi yang sifatnya dadakan. Ya, presentasi yang tiba-tiba diminta ketika tamu datang.

Mau nggak mau, saya harus belajar lagi gimana memperbaiki materi slide presentasi. Untuk urusan yang satu ini, saya sangat berterima pada Mas Muhammad Nur, guru virtual saya dalam mengajari bagaimana membuat presentasi yang baik dan menarik.

Satu slide berisi satu ide, hindari gunakan model bullet, gunakan warna kontras yang berbeda dengan latar belakang, gunakan gambar untuk menjelaskan ide, hindari kalimat yang panjang, adalah  pesan yang disampaikan Mas Nur agar tampilan presentasi kita terlihat menarik.

Masih banyak lagi manfaat yang bisa kita dapatkan dari internet.Tidak hanya dua hal seperti yang saya ceritakan di atas. Masing-masing orang tentu berbeda dalam memanfaatkan teknologi internet, disesuaikan dengan keperluannya.

Yang jelas, ini yang saya alami dan rasakan. Semakin sering saya belajar dari internet, keinginan untuk mempelajari hal-hal baru lainnya semain besar. Apakah ini yang dinamakan ketagihan atau kecanduan berinternet ?

Sumber gambar :

–  onbile.com

10 pemikiran pada “Dapat Apa Setelah Belajar Internet ?

  1. dulu pertama kali belajar internet, saya bisanya cuma buka2 website berita online. lama2 bisa yg lainnya.
    dgn internet, berbagi jd lbh mudah dan menyenangkan.

  2. O..o.., kalau saya (pribadi) memandangnya bukan ketagihan Mas. Tapi memanfaatkan teknologi sebagi penunjang kebutuhan. Ringkasnya, butuh internet ketika melakukan aktifitas yang berhubungan dengan network. hehehe..

    Semoga saja kita bisa membagi waktu saat berinternet ria.. :mrgreen:

      1. muhd akbar

        tetapi yang menggunakannya harus bijak, karena internet juga bukan manusia yang dapat membedakan baik dan buruk yang manusiapun belum tentu bisa pak!

Tinggalkan Balasan

