Evaluasi Itu Perlu

Tak terasa, sudah enam bulan blog ini berumur. Sebuah umur yang masih teramat muda dibandingkan blog sobat-sobat lainnya. Meski baru setengah tahun umurnya, nggak ada salahnya kalau saya coba evaluasi apa yang terjadi selama satu semester ini.

Pengin tahu saja, sudah berapa postingan sampai saat ini? Postingan apa saja yang masuk Top Post and Page. Berapa rata-rata kunjungan per hari. Nah, kalau sudah dievaluasi, minimal saya tahu, untuk enam bulan selanjutnya saya harus ngapain dengan blog ini. Mau diterusin, hiatus atau ditutup .

Sebagai informasi, blog ini dibuat 23 Maret yang lalu. Awalnya sekadar untuk mengisi waktu luang dan berbagi informasi.

Untuk mengevaluasi, saya coba catat data-data dari blog stat yang ada di menu dashboar wordpress. Ada tiga poin yang sudah saya catat dan hasilnya seperti ini :

1. Postingan.
Selama enam bulan ini, rupanya saya sudah buat 73 postingan. Berarti rata-rata 12 postingan per bulan atau setiap tiga hari sekali ada 1 postingan. Inginnya sih satu hari satu postingan. Bisa nggak ya? Kalau mau pasti bisa.

2. Top Post and Page
Masih terkait dengan postingan, setelah saya baca statistik wordpress, ada tiga besar postingan yang sering dicari dan diklik pengunjung. Ini dia yang masuk peringkat tiga besar :

a. Pohon Ulin, Kayunya Sekeras Besi
b. Bis Yang Melintasi Tiga Negara
c.Perahu Klotok, Transportasi Utama Di Pedalaman Kalteng

Kenapa tiga postingan tersebut yang banyak dicari?. Blog memang menjadi salah satu cara untuk mendapatkan informasi. Tiga postingan tadi memperkuat pendapat tersebut. Sifat tiga postingan tadi adalah hasil liputan yang saya rangkum dari lapangan dan berbagai sumber. Ya, cara liputannya mirip wartawan. Datang ke lapangan, memotret dan sekali-kali bertanya ke narasumber.

Untuk mendapatkan foto biji ulin, pohonnya dan rangka rumah yang terbuat kayu ulin, saya potret sewaktu jalan-jalan ke hutan dan ke desa. Liputan tentang bis yang melintasi tiga negara, saya sampai datang ke kantor Damri untuk wawancara dengan petugasnya. Wawancara secara halus, maksudnya sambil beli tiket bis, sekalian saya ajak ngobrol dan tanya rute bis yang lainnya.

Jadi sang narasumber tidak merasa kalau lagi diwawancarai. Mungkin dia sendiri heran, ngapain penumpang yang satu ini? kok selesai beli tiket nggak langsung pulang, malah banyak tanya yang lain-lain.

Kalau saya cermati, liputan ketiganya punya keunikan berita atau informasi. Mungkin hal itu yang membuat pengunjung tertarik membaca.

3. Rata-rata kunjungan per hari
Waktu awal bikin blog dan postingan di bulan Maret 2012, rata-rata pengunjungnya hanya 5 orang per hari. Sampai dengan bulan September 2012, wow rata-rata per hari sudah melonjak menjadi 61 orang. Naiknya 12 kali lipat selama enam bulan. Ini berarti blog yang saya buat memang ada gunanya untuk pengunjung.

Ada manfaat yang didapat, minimal setelah BW terus tinggalkan jejak sebentar. Syukur kalau ada yang pas lagi dapat tugas sekolah atau kuliah, terus browsing cari artikel yang diinginkan dan mesin pencarinya mbah Google langsung mengarahkan ke blog saya. Artinya, saya harus mikir-mikir lagi kalau blog ini mau distop.

Jadi, seperti itu hasil evaluasi semester ini keberadaan blog Yudhi Hendro Berbagi Cerita. So, What? Ya melihat trend pengunjung yang makin meningkat, susah dan berat rasanya untuk tidak meneruskan postingan di blog ini.

Sumber gambar :

–  fajars.wordpress.com

2 pemikiran pada “Evaluasi Itu Perlu

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s