Biarkan Gambar Bicara

Punya kebiasaan menulis itu baik, apalagi bila ditambah dengan memotret. Menulis dan memotret ibarat sekeping uang logam. Keduanya tak bisa dipisahkan. Satu sama lain saling melengkapi.

Berbahagialah bila anda termasuk narablog yang hobi menulis sekaligus penyuka fotografi. Ini berarti semakin lengkap kemampuan anda untuk “memindahkan sebuah obyek foto” ke dalam tulisan. Atau sebaliknya dari sebuah tulisan, anda dapat menyajikan sebuah foto untuk memperjelas tulisan yang dibuat.

Sekedar tips yang nggak ada salahnya saya bagi ke teman-teman narablog. Selain menuis, saya juga termasuk penyuka fotografi, meski masih tingkat amatir. Sebelum ngeblog, saya sudah sering memotret menggunakan kamera saku.

Setiap kali jalan – jalan ke lapangan, saya usahakan bawa kamera. Masalah nanti nggak ada obyek yang menarik, ya nggak apa-apa. Tapi kalau nggak bawa kamera, kemudian ada obyek yang harusnya dipotret tapi terlewat, menyesal sekali rasanya.

Pernah waktu naik mobil perjalanan pulang ke base camp di sore hari, saya lihat ada labi-labi atau kura – kura air tawar yang menyeberang jalan. Sebuah momen yang bagus dan menarik. Naluri memotret saya pun muncul. Sayang seribu sayang, gara – gara nggak bawa kamera, kejadian itu lewat begitu saja, nggak bisa saya abadikan. Sempat terpikir juga, mau membawa labi-labinya ke camp terus difoto  🙂 :-).

Dari pengalaman itulah saya ingin berbagi ke teman-teman narablog. Kalau bepergian ke suatu tempat, selain bawa buku notes dan alat tulis, jangan lupa bawa kamera. Kamera tidak harus yang canggih. Kamera saku ataupun handphone yang ada fitur kamera pun jadi untuk memotret obyek – obyek menarik.

Saya yakin, di suatu lokasi yang dikunjungi, bisa jadi akan ada obyek menarik yang bisa dipotret dan dijadikan ide untuk bikin tulisan. Sekali mendayung dua tiga pulau terlampaui. Sekali berkunjung, dua sampai tiga tulisan bisa terealisasi.

Jadi, namanya sumber ide tidak hanya dari blog walking, dengar cerita teman atau baca komentar dan postingan narablog lainnya. Tulisan hasil kunjungan atau jalan jalan ke suatu tempat, justru akan terasa lebih orisinil dan segar karena langsung disajikan oleh narablog yang mengalami sendiri.

Beberapa tulisan saya juga dihasilkan dari kegiatan jalan-jalan yang dilengkapi dengan foto – foto yang saya potret, Kalau istilah jurnalistik, katanya itu adalah hasil reportase atau liputan langsung. Kok katanya? Iya, wong kursus jurnalistik saja saya nggak pernah, apalagi jadi wartawan atau reporter.

Cuma belajar sendiri saja alias otodidak. Ada gambar menarik, langsung jepret beberapa kali. Kenapa berkali-kali jepretan untuk satu obyek? Setelah selesai, bisa dipilih mana foto yang terbagus. Lainnya yang nggak terpakai di memori langsung dihapus.

Ilmunya saya baca di koran atau majalah atau berselancar di internet. Beberapa yang perlu diketahui seperti, gimana mengambil angle yang tepat saat memotret, apa point viewnya, bagaimana mendapatkan komposisi obyek yang bagus.

Itu ilmu teknisnya yang perlu dipelajari. Karena memotret adalah kegiatan yang berkaitan dengan seni, harus pakai perasaan dan rileks. Suasana hati perlu tenang agar menghasilkan foto yang berbobot.

Semuanya bisa dicoba, asal mau belajar. Kalau gagal, ya dicoba lagi. Dan kamera yang saya pakai cuma kamera saku atau kamera yang ada di Black Berry. Bukan kamera DSLR atau yang canggih seperti fotografer profesional.

Nah, hasil jepretannya saya coba tampilkan di tulisan ini. Seperti yang narablog bisa lihat . Ada foto pemandangan, air mengalir di sungai dan bunga.

Mau mencoba?

16 pemikiran pada “Biarkan Gambar Bicara

  1. Ely Meyer

    wow .. gambarnya cantik cantik mas

    aku biasa ke mana mana bawa ransel kamera, baik pas bersepeda maupun dalam perjalanan ke mana saja 🙂

    1. Wah,rupanya mbak Ely penyuka fotografi juga nih ceritanya. Kemana saja bawa kamera.

      Pantas kalau gambar – gambar hampir selalu ada di postingannya dan juga bagus-bagus. 🙂

  2. Ely Meyer

    masih belajar motret aku mas, soalny abyk hewan liar dan ribuan burung liar juga yg sering melintas di depan mata, jd rugi kl tidak dipotret

    makasih mas 🙂

    1. Wah, hebat sekali Bro. Pasti senang banget punya kamera DSLR hasil ngeblog.
      Bagus sekali kalau cerita itu dijadikan bahan postingan, supaya bermanfaat bagi narablog lain.

  3. okelah kalo begitu mas bro…
    nanti ane coba belajar posting sejenis ini kalo abis jalan jalan 😛
    salam kenal ya mas bro
    ijin ngelink

  4. gara-gara ngeblog saya juga jadi lebih banyak memotret. Karena lebih enak kalau tulisan ada gambarnya, tidak perlu menerangkan panjang lebar … 😀
    fotonya bagus2 pk …

  5. Salam kenal mas 🙂 Nyasar kesini karena ada kata-kata fotografi hehe.. bagus mas gambarnya, saya juga punya kesamaan hobi ini sama mas. 😀 Setiap hari kemana-mana bawa kamera kemudian kalau ada yang menarik langsung deh dijepret dan update ke blog.

    1. Salam kenal kembali. Oo, nggak apa-apa kalau nyasar ke tempat saya. Nyasar ke tempat yang benar 🙂 Karena kita ternyata punya hobi yg sama, Bro.

      Kerja kreatif, dapat gambar menarik langsung diupload. Nggak kalah deh sama reporter atau wartawan. Memang kalau yg kita lakukan didasari hobi, terasa ada kepuasan tersendiri 🙂

  6. Tina Latief

    saya suka sekali foto yang paling atas itu mas..
    membayangkan saya main-main di situ, mencelupkan kaki ke dalamnya. Pasti sejuk dan dingin..
    ingin sekali main ciprat-ciprat air 😀
    di Jakarta langka sekali perairan seperti itu.. 😦

    1. Makasih, mbak suka dengan hasil jepretan saya. Foto itu saya ambil waktu jalan-jalan ke hutan, kebetulan lihat sumber air yang masih alami. Airnya memang masih jernih dan sejuk.
      Di kota-kota besar, air yang jernih dan sejuk seperti itu memang sudah langka 🙂

Tinggalkan Balasan

