Bertemu Artis Legendaris

Tidak pernah diduga sama sekali, seorang artis penyanyi yang cukup terkenal pada tahun 1960 -1970, berkunjung ke tempat kerja. Seorang artis yang pada era itu terkenal dengan lagu Sepanjang Jalan Kenangan, Mawar Berduri, Senandung Rindu dan Layu Sebelum Berkembang.

Siapa dia hayo? Ya, dia adalah Tetty Kadi. Artis penyanyi yang seangkatan dengan Erni Djohan si pelantun tembang Teluk Bayur. Artis penyanyi yang sekarang berprofesi sebagai wakil rakyat. Sebagai salah satu anggota Komisi IV DPR RI dari daerah pemilihan Jawa Barat.

Untuk generasi ABG, lagu-lagu itu mungkin terasa asing. Apalagi bila ditanya siapa yang menyanyikan. Saya yakin, banyak dari mereka yang tidak tahu. Ya jelas, waktu lagu – lagu itu dinyanyikan, mereka belum lahir. Mungkin orangtuanya pun masih pada pacaran waktu mendengarkan lagu itu dinyayikan.

Tapi untuk orangtua kita yang saat ini berumur di atas 50 tahun, lagu-lagu itu adalah nostalgia yang mungkin tak akan terlupa. Tembang kenangan yang akan mengingatkan pada masa lalu bila saat ini lagu-lagu itu dipendengarkan lagi. Bapak ibu kita pasti pernah mendengar suara emas Tetty Kadi yang saat itu terkenal setelah menyanyikan lagu-lagu ciptaan A. Riyanto.

Meskipun termasuk artis jaman dulu, namun hingga kini lagu-lagunya masih enak didengar. Lagu-lagu lawas yang biasanya juga ditampilkan dalam daftar lagu untuk berkaraoke ria.

Saya sendiri pertama kali mendengar suara artis ini dari koleksi kaset ibu dan bapak saya. Kaset yang diputar di dalam tape recorder. Saat masih SD, saya pernah lihat 1 set lengkap pemutar kaset milik Bapak yang terdiri atas tape recorder, amplifier, salon dan equalizer.

Jaman itu belum ada VCD, DVD Player apalagi handphone yang bisa memutar lagu – lagu mp3. Ibu saya dan ibu mertua memang termasuk penggemar lagu – lagu Tetty Kadi.

Kalau ada acara karaoke, lagu-lagu Tetty Kadi biasanya nggak lupa dinyanyikan. Saya juga termasuk mewarisi hobby ibu dan ibu mertua, berkaraoke ria. Ada beberapa lirik lagu-lagu Tetty Kadi yang saya hapal, seperti lagu Sepanjang Jalan Kenangan :

Sengaja aku datang ke kotamu
Lama nian tidak bertemu
Ingin rasanya mengenang kembali
Berjalan – jalan bagai tahun lalu

Kapan lagi ya bisa ketemu artis ?

Sumber gambar :

www. sinemaindonesia.com

16 pemikiran pada “Bertemu Artis Legendaris

  1. saya juga dulu sering karaokean dgn murid muridku mas, usai habis pelajaran, tapi lagunya Inggris sekalian belajar buat murid muridku
    sepanjang jalan kenangan jadi lagu evergreen ya mas🙂

    1. Oooo, bagus banget, mbak. Belajar bahasa inggris sekalian praktek dan menyalurkan hobi menyanyi. Pasti anak2 suka tuh. Lagu2 apa saja yang dinyayikan? Lagu pop atau sweet memories?

      Saya juga penggemar lagu2 evergreen, Indonesia maupun barat.

      1. campur campur mas, dr lagunya Bryan Adams sampai Michael Jackson dan evergreen, biasanya saya tulis syairnya di papan tulis dulu terus diterjemahkan bersama, baru nyanyi bareng, aduh .. seru banget deh, kelas jadi ramai 😛

      2. Sorry, mbak, telat balasnya. Metode yg kreatif untuk mempermudah penguasaan bahasa Inggris, mbak. Mulai dari kosa kata, pengucapan dan tata bahasa. Saya yakin murid2 pun senang karena suasana belajar jadi ceria. Apalagi ditambah nyanyi bersama, pasti bisa jadi tempat penyaluran bakat bagi yg hobi seni suara. Top banget……..🙂

Tinggalkan Balasan

