Bule ternyata juga Suka Rokok Kretek

Siang tadi sekitar jam 10.30, tiga orang tamu dari UGM tiba di camp. Dua  mahasiswa S2 antropologi dan satu mahasiswa dari Belanda yg sedang studi di UGM. Mereka akan melakukan riset dinamika sosial masyarakat dan tinggal selama 3 bulan di desa.

Ada yang menarik ketika kami ngobrol di gazebo sambil menunggu jam makan siang. Si bule dari negeri Kincir Angin itu rupanya cukup fasih bicara bahasa Indonesia, padahal baru sebulan tinggal di Indonesia. Rasa penasaran saya pun muncul dan langsung bertanya,” Bahasa Indonesianya lancar, belajar di mana? “. Lalu dia pun bercerita bahwa dirinya sudah belajar bahasa Indonesia sewaktu tinggal di Belanda. Oooh… pantas🙂

Di negeri Belanda, bule ini tinggal di Amsterdam tapi bukan penggemar klub sepakbola Ajax, malahan pendukung Feyenoord Rotterdam. Karena bapak saya tinggal di Rotterdam alasannya. Mau jadi suporter kok bawa-bawa domisili orangtua.

Nggak hanya itu,  sambil ngobrol dia juga mengisap Gudang Garam International, rokok kretek khas Indonesia dan bukan mengisap rokok putih atau yang mengandung menthol. Ternyata bukan cuma orang Indonesia saja yang suka mengisap rokok kretek.

“Rokok ini di Belanda harganya 5 Euro. Kalau dirupiahkan sekitar Rp 70.000 per bungkus. Di sini harganya lebih murah,” katanya sambil menunjukkan bungkus rokok tersebut.  Karena murahnya, dia mau beli sampai 2 slop untuk dibawa pulang ke Belanda.

Terus dia cerita lagi, selain harganya mahal, di negeri Belanda juga tidak bisa merokok di tempat-tempat umum atau ruang publik. Tempat untuk para perokok dibatasi. Kalau ada yang melanggar diberi sanksi. Mendengar cerita itu, salah satu mahasiswa UGM nyeletuk, ” Negeri kita memang surganya bagi para perokok “.

8 pemikiran pada “Bule ternyata juga Suka Rokok Kretek

  1. Saya kurang paham dengan perokokkan pak😀 Tapi saya paling sebel kalo ada orang merokok didalam transportasi massal seperti bis atau kereta. Sudah sumpek, panas kalo ditambah ada yang merokok rasanya pengen meledak…..emosinya😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s