I Love Monday

Kenapa saya suka hari Senin? Salah satunya karena ada dua tulisan yang selalu saya nantikan postingannya. Oleh penulisnya, tulisan itu memang sengaja diterbitkan pada hari Senin. Pertama, tulisan Manufacturing Hope karya Dahlan Iskan. Kedua tulisan di blog Strategi dan Manajemen karya Yodhia Antariksa.

Dua tulisan itu sangat menarik dan menginspirasi. Tulisan Dahlan Iskan dalam Manufacturing Hope sangat informatif, mudah dicerna,  membangun optimisme dan harapan untuk menjadi lebih baik. Sekaligus menambah wawasan dan pengetahuan saya tentang perkembangan Badan Usaha Milik Negara pada saat ini.

Meski bekerja di perusahaan swasta, namun hal itu nggak bisa menghilangkan ketertarikan saya untuk mengamati perkembangan dan kinerja beberapa perusahaan plat merah.

Dalam tulisan itu, banyak informasi yang berisi pengetahuan dan praktek bagaimana mengelola sebuah badan usaha agar berkembang dan mencetak laba. Lebih jauh lagi adalah dapat bersaing dengan perusahaan asing.

Banyak pembenahan yang telah dilakukan di BUMN dan telah terlihat hasilnya. Beberapa perusahaan plat merah yang sebelumnya merugi, pelan-pelan mulai mendatangkan laba bagi negara.

Semuanya diulas secara mendalam mulai dari masalah yang dihadapi, strategi pembenahan dan  hasil yang saat ini telah diperoleh.

Seperti PT Kereta Api yang melakukan upaya-upaya peningkatan layanan penumpang dengan memperbaiki sistem ticketing, pembenahan di beberapa stasiun hingga penertiban pedagang asongan di dalam kereta.

Di sektor transportasi udara, prestasi diraih maskapai Garuda yang dinobatkan sebagai maskapai dengan pelayanan terbaik di tingkat regional dan dunia.

Di sektor lain seperti telekomunikasi, Telkomsel bahkan telah melakukan ekspansi ke luar negeri. Hongkong, Malaysia, Singapura dan Timor Leste adalah negara-negara yang telah ditembus jaringan sinyal Telkomsel.

Nggak hanya itu, PT Semen Indonesia juga telah melebarkan usahanya dengan mendirikan pabrik semen di Vietnam.

Di tengah gencarnya pemberitaan tentang barang-barang impor mulai dari sapi, buah-buahan sampai bawang putih, ternyata ada harapan dan rasa optimisme yang terbangun setelah membaca artikel tersebut.

Prinsinya, kalau kita mau, ternyata kita mampu bersaing dengan negara-negara lain.

Artikel kedua yang juga sering saya ikuti adalah tulisan Yodhia Antariksa di blog Strategi dan Manajemen. Membaca postingan yang renyah tersebut, ilmu manajemen yang tampaknya rumit dengan berbagai teori, menjadi begitu mudah dipahami. Apalagi disertai beberapa contoh kasus yang terjadi dan aktual di dunia bisnis saat ini.

Dua tulisan itu seperti oase yang mampu memberikan inspirasi dan pencerahan di tengah berbagai informasi atau pemberitaan yang justru banyak memicu rasa pesimisme.

Itulah yang senantiasa menyemangati diri saya di hari Senin. Permulaan hari ketika aktivitas kerja dimulai. Kalau ada seseorang yang bilang I hate Monday, karena harus kembali bersiap-siap menjalani rutinitas kerja setelah menjalani weekend, saya justru sebaliknya, I love Monday.

Kalau di permulaan hari saja, seseorang  sudah nggak semangat bekerja, gimana dia menjalani dan bisa menikmati pekerjaan di hari-hari selanjutnya?

8 pemikiran pada “I Love Monday

  1. Aku juga penanti tulisa Pak Iskan pada hari Senin Mas Yudhi. Kadang-kadang malah ikut komen segala. Tapi lebih seringnya sih sebagai silent reader. Dan gaya menulis beliau memang enak dibaca. Mungkin karena mantan wartawan juga kali yah..

    1. Wah, ternyata kita sama-sama penggemar tulisannya Pak Dis ya mbak Evi. Tulisannya membuat suatu hal yg rumit jadi mudah dipahami. Jarang ada menteri yg bisa menulis dgn bahasa sederhana spt itu

  2. semua memang tergantung kita ya mas, apapun keadaannya yg penting tetap semangat
    btw, aku juga suka bgt mas sama hari senin, free soalnya😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s