Tiga Cara Mengevaluasi Presentasi

Presentasi mahasiswi

Judul di atas adalah tulisan saya di portal www.presentasi.net. Setelah menunggu sekitar 6 bulan, akhirnya empat hari sebelumnya, tim presentasi.net memberitahukan kalau tulisan tersebut akan diterbitkan 16 April 2013.

Bagi yang sering menyusun dan menyajikan presentasi di hadapan publik, belajar mempersiapkan presentasi yang baik dan menarik adalah suatu keharusan. Saya belajar secara otodidak dan mendapatkan banyak ilmu dari portal tersebut.

Sebenarnya, status saya di portal tersebut bukan sebagai bukan penulis tetap, tapi penulis tamu. Awalnya, saya tertarik dengan informasi lowongan yang dibuka oleh pengelola portal untuk mencari tiga posisi: penulis, penerjemah dan disainer web.

Aplikasi lamaran dan beberapa persyaratan saya buat dan kirimkan via email untuk mengisi posisi penulis. Email balasan datang dari pengelola. Saya memang tidak lolos sebagai penulis tetap, namun diberikan kesempatan sebagai penulis tamu.

Mereka memutuskan seperti itu setelah melihat kegigihan dan antusiasme saya. Seperti ini jawaban yang saya kutip dari pengelola presentasi.net :

Salam Bapak Yudhi Hendro Sulistianto,

Terima kasih atas ketertarikan Bapak dalam melamar posisi lowongan part time sebagai Penulis di Presentasi.net.
Dalam kesempatan ini kami ingin menginformasikan bahwa proses rekrutmen ini telah selesai dan kami telah mendapatkan formasi tim baru yang kami butuhkan.

Kami menerima hampir 70 buah lamaran dengan kualifikasi dan contoh karya yang baik. Namun karena ketersediaan posisi yang terbatas, maka kami harus benar-benar menyeleksi para kandidat potensial yang benar-benar lebih cocok untuk posisi tersebut.

Rencananya mulai tahun ini kami akan membuka kesempatan kepada mereka yang tertarik dan memiliki passion dengan topik presentasi dan public speaking ini untuk mengirimkan karyanya sebagai Guest Post atau Penulis Tamu.

Jika Bapak Yudhi berkenan, silakan mengirimkan karya-karya tersebut. Dengan senang hati kami akan menerima karya terbaik Bapak tersebut dan akan berusaha menerbitkannya disesuaikan dengan kalender editorial kami.

Terima kasih banyak atas segala kerja keras dan kesungguhan Bapak dalam menyiapkan berkas lamaran dan mengirimkannya kepada kami. Kami sangat menghargai antusiasme Bapak tersebut dan berharap hubungan baik ini tetap dapat terus berlanjut.

Semoga Bapak Yudhi semakin sukses di masa mendatang.
Salam,

Muhammad Noer & Tim Presentasi.Net

Menjelang tulisan tersebut diterbitkan, pada hari Jumat 12 April 2013 pengelola menginformasikan via email  poin – poin apa saja yang perlu diedit agar tulisan saya sistematis, logis dan mudah dipahami.

Informasi itu saya terima via email waktu di rumah sakit, sambil menunggu Aysha yang terbaring karena terserang demam berdarah. Segera isinya saya pelajari dan waktu kembali ke rumah untuk gantian shift jaga dengan istri, proses editing tulisan pun langsung dikerjakan. Harus segera action, karena 16 April akan diterbitkan.

Bisa dibayangkan, di satu sisi mengurus anak yang sakit dan dirawat inap di rumah sakit, di sisi lainnya perlu segera mengedit tulisan karena akan diterbitkan. Dua kegiatan yang sama-sama penting, perlu ketenangan dan konsentrasi penuh untuk mengerjakannya. Yang penting jangan sampai panik.

Segera setelah diedit, tulisan saya email kembali ke pengelola hari itu juga. Info lewat SMS juga nggak lupa saya kirimkan.

Akhirnya, pada saat tulisan tersebut terbit, founder presentasi.net, Bapak Muhammad Noer mengirimkan email dan menyampaikan kalimat pengantar tentang penerbitan tulisan saya. Isinya seperti ini :

Dear Yudhi Hendro,

Proses evaluasi presentasi perlu dilakukan untuk mengetahui efektifitas penyampaian presentasi terhadap audiens. Evaluasi presentasi dilakukan untuk mengetahui apakah pada saat penyampaian presentasi telah sesuai dengan yang dipraktekkan pada saat latihan.

Artikel minggu ini akan membahas kriteria evaluasi presentasi dan tiga cara mengevaluasi presentasi.
>> Tiga Cara Mengevaluasi Presentasi

Artikel tersebut adalah artikel penulis tamu kami, Bapak Yudhi Hedro Sulistianto, pembaca setia presentasi.net dan juga seorang blogger dan pembelajar di bidang public speaking dan penyajian presentasi.

Mudah-mudahan artikel tersebut dapat memandu Anda untuk mengevaluasi presentasi Anda selama ini dan menjadikan presentasi Anda di masa mendatang menjadi lebih baik lagi.

Silakan menikmati artikel tersebut dan jangan lupa memberikan komentar Anda.

Salam,

Muhammad Noer

Founder Presentasi.net

Wah, senang sekali rasanya tulisan saya terbit di portal tersebut. Nggak hanya itu, yang membuat saya juga merasa bahagia, ternyata tulisan tersebut mendapat apresiasi dengan baik dari pengelola dan sebagian besar pembaca presentasi.net.

Sumber foto :

– Presentasi Mahasiswi Fahutan  UGM pada saat Praktek Kerja Lapangan dan Penelitian

Tinggalkan Balasan

