Haruskah Menunggu Umur 17 Tahun untuk Dapat SIM C ?

Siswa SMP bersepeda motor

Kalau kita mengamati para pengendara sepeda motor saat ini, ada satu hal menarik yang perlu dicermati. Apa itu? Selain orang dewasa, tidak sedikit di antara mereka adalah pelajar yang berumur di bawah 17 tahun.

Di depan mata kita, mereka lalu lalang mengendarai sepeda motor pada saat berangkat ke sekolah maupun ke tempat-tempat lainnya. Karena jarak dari rumah ke sekolah yang jauh serta keterbatasan sarana transportasi umum, para pelajar SMP lebih memilih mengendarai sepeda motor ke sekolah.

Memang ada beberapa SMP yang melarang siswa-siswinya membawa sepeda motor ke dalam sekolah. Namun larangan tersebut tidak efektif, karena ternyata para pelajar tersebut lebih cerdik. Mereka tetap membawa sepeda motor dan memarkir kendaraannya di luar halaman sekolah dan tempat-tempat lainnya di dekat sekolah.

Memang serba dilematis, kalau ditinjau dari aturan lalu lintas, sebenarnya mereka tidak diperbolehkan mengendarai sepeda motor karena tidak memiliki Surat Ijin Mengemudi (SIM). Faktor umur membatasi mereka untuk mendapatkan SIM C.

Para pelajar yang berusia 13 – 15 tahun tersebut tidak dapat memiliki SIM C karena menurut UU NO. 22 tahun 2009 pasal 81 (2), untuk mendapatkan SIM A, C dan D, mereka harus berusia paling rendah 17 tahun.

Artinya, bagi pelajar berumur 13 tahun yang sudah dapat mengendarai sepeda motor, dia harus menunggu selama empat tahun untuk mendapatkan SIM C….itupun kalau langsung lulus ujian teori dan praktek.

Namun di sisi lain, pertumbuhan fisik yang lebih cepat yang dialami generasi sekarang serta kemampuan mereka dalam mengendarai sepeda motor juga perlu dipertimbangkan. Anak-anak sekarang masa pubernya lebih cepat lho.. Kalau jaman saya dulu itu sekitar umur 17 tahun…sekarang anak kelas 6 SD sudah puber…

Tidak jarang, walaupun masih SMP, postur mereka mirip siswa SMA bahkan mahasiswa. Agak sulit membedakan apakah mereka siswa SMP, SMU atau mahasiswa jika tidak menggunakan pakaian seragam. Anak pertama saya yang masih SMP, karena badannya bongsor, sering dikira anak SMU.

Kenyataan tersebut perlu menjadi pemikiran kita bersama, terutama bagi para aparat penegak hukum. Di satu sisi para pelajar tersebut belum cukup umur untuk mendapatkan SIM C, dengan sendirinya mereka dilarang mengendarai sepeda motor.

Namun di sisi lain, kita sering melihat para pelajar tersebut mengendarai sepeda motor ke sekolah, ke tempat les, ke mall atau ke rumah kawan-kawannya.

Tetangga saya saja yang baru kelas 1 SMU yang umurnya 15-16 tahun, sudah bawa motor ke sekolah, sambil memboncengkan adiknya yang baru kelas 6 SD.

Gimana dengan pelajar di tempat sobat blogger kalau ke sekolah? Banyak yang naik angkutan umum, bawa motor, diantar keluarganya, naik sepeda atau jalan kaki?

38 pemikiran pada “Haruskah Menunggu Umur 17 Tahun untuk Dapat SIM C ?

  1. agak sulit ya mas kalau bicara hal ini. Untuk di daerah-daerah yang memang sulit atau jarang angkotnya, menggunakan motor adalah suatu hal yang ‘harus’. Jadi kalau kita larang pun agak bingung juga.

    Nah… kalau di tempat saya sih… rata-rata bawa motor mas.

    1. bener, bro. Spt di tempat saya. anak SMP banyak yg bawa motor waktu ke sekolah, karena transportasi umum sangat kurang. yg ada pun kebanyakan nggak menjangkau tempat tinggal mereka…

      1. waktu mereka naik motor di jalan raya, kita memang perlu super sabar menghadapinya….
        di sisi lain, sebaiknya mereka juga paham bagaimana berkendara dan berlalu lintas di jalan raya… seperti tidak mendadak belok kanan tanpa memberi kode lampu sign, tidak naik motor sampai bertiga…

      2. ya hanya itu yang bisa kita lakukan, mengingatkan. tapi saya sering digalakin malah kalau mengingatkan kayak gitu.😦

  2. Saat ini, banyak sekali pengendara motor/mobil yang hanya bermodal bisa mengendarai motor/mobil saja, tetapi tidak memahami etika maupun rambiu-rambu berlalu lintas. sehingga kecelakaan yang tidak perlu masih sering terjadi … mungkin pembatasan umur itu juga dimaksudkan untuk kematangan emosional bukan hanya skill (kemampuan berkendara) saja.

    1. bener, wong….saya punya pengalaman. waktu mau belok memutar, konsentrasi penuh ke kendaraan dari arah yg berlawanan…setelah agak sepi baru memutar.. nggak taunya dari arah sebelah kanan saya, ada juga motor yg mau mutar. hampir saja motor itu terserempet…..memang terlalu

  3. di tempat saya juga pada bawa motor mas kalau sekolah rata2 anak SMA gitu, tapi adek sepupu saya yang masih kelas 5 SD juga doyan banget main motor, padahal menurut saya sih aturan sim c harus 17 tahun udah tepat banget, karena umur 14-16 tahun gitu mungkin anak2 belum siap aja secara psikologis, CMIIW x)

    1. Wah, baru kelas 5 SD udah bawa motor? cepat juga dia belajar ya..apa udah sampai tuh kakinya nginjak tanah🙂.
      Pertimbangan umur 17 tahun baru boleh punya SIM C bisa juga spt itu…dianggap sudah remaja/dewasa..apalagi syaratnya harus sudah punya KTP

    1. ya, benar…aturannya memang begitu…demi keselamatan pengendara dan pemakai jalan lainnya. juga menghindari resiko kecelakaan yang semakin tinggi. karena sebagian besar korban kecelakan di jalan raya adalah pengendara sepeda motor…

  4. farhah faridah

    Di komplek rumah saya, anak2 kelas 4 SD udah berseliweran naik motor matic, bisa sendiri, dan rame2 (bonceng 2). Terus terang itu mengganggu kenyamanan karena namanya anak2 suka meleng dan tidak fokus bawa kendaraan. Saya juga khawatir kalo anak balita saya keluar pagar rumah dan kebetulan anak2 SD itu lg bersenda gurau dgn motorna. Sebaiknya sih ortu tetap tegas melarang mereka naik motor. Makana dibuat aturan umur 17 thn dpt SIM, krn diumur segitu dianggap bisa mengendalikan diri dan tahu aturan mengemudi…….

    1. Seharusnya orangtua si anak yg baru kelas 4 SD bisa ngasih tau anaknya tentang aturan berlalu lintas. Jadi, jangan sekedar ngasihkan motor ke anaknya, tp nggak tau aturan lalu lintas di jalan raya…

  5. jassen

    saya berumur 15 sekarang dan akan berumur 16 sebentar lagi. saya sedang mencari jawaban yang benar benar tepat.. apakah anak berumur 16 yang masih belum mempunyai ktp sudah boleh membuat sim dengan sah dan tidak menembak? karena saya banyak baca di blog dan artikel ada yang bilang mengizinkan, ada yang bilang tidak, dan ada yang bilang itu menyogok, saya jadi bingung. jika boleh.. mohon jawabannya. terimakasih:)

    1. Sepengetahuan saya, syarat pembuatan SIM adalah seseorang sudah memiliki KTP. Dan syarat memiliki KTP adalah sudah berumur minimal 17 tahun. Untuk saat ini karena Jassen baru berumur 15 tahun, maka sebenarnya belum dapat memiliki SIM. Sebaiknya tunggu sampai umur 17 tahun. Sama-sama.

  6. Redy Boy S.

    Saya banyak melihat ditempat saya tinggal. Anak sd kls 3 aja sama bapaknya diajarin naik motor malah motornya prnh nabrak palang pintu krt api motornya dirampas polisi tapi malah sama ibunya dibeliin ibunya satria fu 150 2014 dan saya sring lihat mlm minggu dia sllu blpn liar sm geng mtrnya.

    1. kalau baru klas 3 SD mendingan diajarin naik sepeda dulu. sebaiknya orangtuanya tidak begitu mudah memberikan sepeda motor bagi anaknya yg masih SD. membahayakan dirinya dan orang lain

  7. Agam Firmansyah

    Kalau kata saya sih anak2 jaman skrg yg 15 tahun keatas emosional nya sudah bisa dikendalikan contoh nya saya yg baru menginjak 17tahun , waktu itu saya kelas 1 SMA sudah di belikan motor umur nya 15thn dan saya udh bisa menaati lalu lintas karna saya tau naik motor itu harus sabar dan pelan tapi selamat sampe tujuan,

  8. Misi bro, saya ini anak sma 1, saya kalau ke sekolah menggunakan mobil, dan bukan sepeda motor. Saya juga sering baca baca dan sangat tertarik dengan hukum, saya juga gak melanggar lalu lintas, dan kata saudara serta ibu saya, walau saya anak sma, kelihatan kayak om om.

    Apakah hal tersebut diperbolehkan? Saya selalu menaati kok, bahkan saat macet pun tidak pernah menyelip selalu konstan di jalannya

    Oh ya, umur saya beranjak ke 16, sekarang masih 15

    1. memang dilematis ya elang… meski masih sma…secara fisik sudah seperti orang dewasa dan dalam mengendarai mobil dan berlalu lintas …itu bagus… hanya saja secara legalitas/aturan, jika terjadi kecelakaan posisi elang lemah karena belum punya SIM A…

Tinggalkan Balasan

