Manfaat Ngeblog

Apa sih manfaatnya ngeblog? So pasti sobat blogger punya alasan masing-masing. Manfaatnya macam-macam sih, bisa tergantung profesinya juga.

Kalau untuk ibu rumah tangga, ngeblog bisa jadi media untuk berbagi pengetahuan dan keterampilan. Pengetahuan tentang cara mendidik anak misalnya, atau bagaimana menambah income bagi keluarga.

Bagi anak sekolah dan mahasiswa, ngeblog jadi tempat curhat yang setia setiap saat, karena bisa gantiin diari. Golongan wirausahawan bisa berbagi tips dan trik dalam berbisnis. Mulai dari gimana merintis bisnis dari awal sampai punya pengawal, from zero to hero.

Ngeblog minimal bisa jadi ajang untuk bercerita dan mengungkapkan uneg-uneg dalam hati, gagasan dan pemikiran. Hebatnya, semua profesi tadi bisa dipertemukan dalam satu wadah.

Ada orang yang tipenya suka bicara, tapi nggak biasa menulis. Semua isi hatinya diungkapin lewat omongan. Ada juga yang punya tipe pendiam. Masalah dan uneg-unek cuma dipendam dalam hati. Ini termasuk penganut aliran kebatinan. Jadi kalau punya masalah lebih sering dibatin. Nah, lewat blog, biasanya tipe pendiam ini benar-benar menemukan media yang pas. Seperti ikan menemukan air.

Kalau untuk karyawan sepertiku, manfaat ngeblog yang jelas seperti ini :

1. Lancar Membuat Surat.

Sebagai karyawan, bila diminta bos membuat konsep surat, baik surat dinas, surat edaran, nggak terlalu kesulitan memahami poin2 penting isi surat dan membuat redaksi.

Setelah konsep surat jadi, diserahkan, dibaca, biasanya bos langsung tanda tangan. Pernah dikoreksi? Jelas pernah, tapi jarang. Ibaratnya kalau membuat 5 surat, 1 yg dikoreksi dan harus diperbaiki.

2. Nggak susah membuat laporan.

Yang namanya karyawan, pernah dong ditugaskan mengikuti diklat, pelatihan, kursus, seminar, simposium, workshop. Biasanya selesai tugas, laporan harus dibuat. Dengan rajin menulis, membuat laporan serasa bikin postingan. Karena isi laporan biasanya menceritakan kembali kegiatan yang pernah diikuti. Sama seperti nulis di blog, kan?

3. Tumbuh keinginan menulis dan menulis lagi.

Ternyata nggak cuma nikotin saja yg bisa bikin kecanduan. Menulis juga bisa jadi candu. Sama juga dengan orang yang rajin olahraga. Selesai berolahraga, efeknya adalah perasaan nikmat dan bahagia. Ini yang saya rasakan.

Selesai menuntaskan sebuah tulisan, ada rasa kepuasan dalam hati. Rasanya plong. Dan ini yang bikin ketagihan untuk menulis dan menulis lagi. Jadi menulis bukan lagi tergantung pada mood atau suasana hati. Susah atau senang, dalam suasana apa pun tetap bisa menulis.

Bagi sobat blogger, apa sih tujuannya  ngeblog? Dapat manfaat apa dari ngeblog?

17 pemikiran pada “Manfaat Ngeblog

  1. Ngbelog bikin hatiku senang mas, jadi diusahakan ngeblog tiap hari, manfaatnya ? wah .. banyak , salah satunya jadi tambah banyak teman maya🙂

  2. nambah pengetahuan, karena blog-nya beragam. macam2 yang dibahas. jadi mulai tahu deh.
    nambah teman.
    ningkatin kreativitas sendiri.
    apalagi ya? diskusi topik yang disuka.

  3. Manfaat ngeblog banyak pak. Dapet temen baru, dapet orderan buat review produk, dapet hadiah dari lomba nulis, bisa deket sama penulis terkenal. Waah, kalo di list bisa penuh pak🙂

  4. Hiii pak Yud. udah banyak ketinggalan nih jurnal2nya. pa kabar?
    ngeblog emang ketagihan efeknya. setuju. idem, bagiku dgn ngeblog, lancar banget kata2 yg aku tulis klo email2an kerjaan. sma sekali gak ada kesulitan bahasa.

    1. apa kabar, mbak Ina? nggak apa-apa kok meski ketinggalan..makasih lho masih rajin ngikuti postinganku..ternyata kurang lebih sama ya mbak manfaat ngeblog buat karyawan spt kita.

    1. bagus, Mas.. teruslah berkarya dan menulis yang bermanfaat untuk sesama…masalah kemampuan menulis itu dengan sendirinya meningkat, asalkan rajin dan konsisten….tetap semangat..🙂

  5. banyak banget mas..belajar nulis
    belajar mengconversi ide menjadi tulisan…
    dan juga menambah wawasan dan teman yg pastinya mas hendro hehe

    1. betul, saya juga banyak dapat teman baru di dumay ini ya lewat blog, termasuk Ronal…teman yg sebelumnya nggak pernah kenal dan ketemu di dunya alias dunia nyata🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s