Beda Ngeblog dan Fesbukan

Ngeblog dan Fesbukan, dua kegiatan yang hampir tak pernah terlewatkan di dunia maya. Setiap kali seseorang buka internet, selain browsing untuk mencari informasi, biasanya dua media sosial itu juga disinggahi.

Kalau ngeblog, biasanya selain baca postingan blogger lain, juga bikin postingan sendiri. Sekali-kali juga jalan-jalan alias blogwalking sambil memberikan komentar.

Bagi fesbuker, sehari tanpa tahu kegiatan fesbuker lain yang sudah jadi temannya, serasa ada yang kurang alias ketinggalan info. Rasa ingin tahu seseorang terhadap apa yang sedang dilakukan orang lain, sudah cenderung jadi kebiasaan tersendiri, bahkan ada juga yang berpendapat hal itu sebagai suatu kebutuhan. Nah, lho..

Nggak cuma itu ada juga fesbuker lain yang rajin update status, kalau dihitung itung, sehari bisa 3 – 4 kali bahkan lebih.

Memang ada  beda antara ngeblog dengan fesbukan. Apa saja ?

1. Pertemanan

Biasanya pertemanan di fesbuk terjadi karena ingin mencari teman-teman lama yang dulu pernah kenal atau akrab. Bisa teman waktu TK, SD, SMA, waktu kuliah atau sesama aktivis. Jadi pertemanan itu sebenarnya sudah terjalin di dunia nyata. Setelah lama nggak ketemu, dan ingin mengulang kembali cerita-cerita lama, biasanya fesbuk adalah media yang tepat untuk mencari teman lama dan menjalin pertemanan kembali.

Kalau ngeblog sebaliknya. Biasanya yang terjadi adalah, sesama blogger sebelumnya nggak pernah kenal. Pertemanan dan jalinan persahabatan justru terjadi ketika di dunia maya. Pertemanan dimulai ketika seorang blogger membuat postingan dan ada yang berkomentar. Dan blogger yang postingannnya dikomentari ini penasaran dengan blogger yang mengomentari, terus dia klik nama yang berkomentar dan masuklah ke dalam blognya.

2. Saling berkunjung

Setelah pertemanan, biasanya akan terjadi saling mengunjungi blog atau istilahnya blog walking. Di sini, seorang blogger bisa jalan-jalan melihat-lihat isi blogger lain, disainnya, postingannya atau foto-fotonya. Sambil mengisi buku tamu untuk menyampaikan kesan-kesan setelah mengunjungi lapak blogger lainnya.

Kalau di fesbuk mungkin bisa disamakan dengan mengunjungi wall fesbuker lain. Tapi yang namanya saling berkunjung antar wall ini jarang. Biasanya hanya ketika si pemiik akun ulangtahun, terus dia dapat ucapan dari teman-temannya.

Terus di fesbuk juga nggak ada yang namanya buku tamu seperti di blog. Jadi kalau kita ingin kasih komentar atau meninggalkan jejak, ya hanya ada di dua tempat, kolom komentar di update status dan inbox kalau isinya mengarah pada privasi.

3. Jumlah huruf atau karakter

Di fesbuk, kita hanya bisa menuliskan kalimat paling banyak 420 karakter, kalau nggak salah. Jadi yang hobinya menulis panjang-panjang, fesbuk bukan media yang cocok. Beda dengan di blog. Nggak ada batasan kita mau menulis cuma lima baris, satu halaman, atau berlembar-lembar (asal tahan saja bacanya).

4. Kemudahan mengakses dan mengetik

Ini yang menjadi kelebihan fesbuk disbanding blog. Dengan gadget seperti smartphone, aplikasi fesbuk bisa diinstall dan dan langsung pakai. Buka aplikasinya… masukan alamat email dan password, langsung update status.

Kalau ngeblog dengan smartphone, biasanya kesulitan muncul ketika kita ingin bikin postingan. Kesulitannya ketika mengetikkan huruf. Tombol gadget yang mungil memperlama dalam menuliskan kalimat, dibanding menggunakan laptop atau desktop.

Kalau berada di perjalanan dan terkendala dengan kendaraan, misalkan mogok atau terjebak macet atau menunggu kendaraaan tiba, demi kepraktisan biasanya saya menulis postingan di smartphone. Setelah jadi baru dikirim via email. Setelah tiba di rumah atau kantor, baru buka email dan isinya saya copas dan masukkan ke dashboard wordpress.

Tapi kalau pas lagi di rumah atau di kantor, biasanya saya langsung mengetik di MS Word dan terus saya save dan copas ke wordpress. Dengan sendirinya saya juga punya back up postingan di MS Word. Jadi kalau postingan di blog bermasalah, masih ada cadangannya.

Karena punya akun fesbuk juga, biasanya setelah saya posting, saya link juga ke fesbuk. Dan ini satu lagi bedanya antara ngeblog dan fesbukan.

Setelah postingan di blog saya link ke fesbuk, ternyata tanggapan teman-teman di fesbuk nggak seramai dan sehangat di blog. Satu postingan paling yang menanggapi cuma dua atau tiga orang… bahkan ada yang nggak menanggapi sama sekali.

Saya nggak ngerti… apa mereka nggak suka baca tulisan yang panjang, karena terbiasa baca tulisan sebaris dua baris di fesbuk, atau mereka belum merasakan nikmatnya baca postingan.

Mungkin hal ini yang akhirnya bikin saya malas fesbukan lagi…….kalaupun sesekali buka fesbuk, ya paling-paling jadi silent reader saja…..

28 pemikiran pada “Beda Ngeblog dan Fesbukan

  1. hehehe. sama mas. dah agak males buka FB, twitter, dll.
    lebih banyak sekarang aktivitas saya di sana hasil dari blog ini.
    eh mas… kalau wordpress kan bisa di hape langsung. dah ada kan. lumayan kalau saya pakai yang blackberry. tapi kalau yang android agak males. karena suka salah spelling mulu. typo terus… hehehehe

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s