Belajar Naik Sepeda Motor Matik

Eit, jangan diketawain ya. Hari gini baru belajar motor matik?

Sepeda motor matik memang lebih praktis ketimbang yang manual. Maksudnya manual di sini sepeda motor yang pakai kopling dan gigi persneling.

Tapi kalau nggak pernah coba, kapan bisanya? Kaku juga rasanya waktu pertama kali naik motor matik. Ini yang saya alami waktu mencoba Honda Beat yang sering dipakai Dea, anak sulung, yang tahun ini masuk SMA.

Bagi saya yang sudah berumur 40 tahun ke atas, selama ini terbiasa naik motor dengan sistem kopling dan persneling. Supaya bisa naik sepeda motor matik, mau tak mau harus bertanya dan langsung praktek. Nggak bisa langsung start dan wuss,  motor langsung jalan.

Bagian pertama yang saya pelajari, cara menghidupkan mesinnya. Awalnya saya bingung, dimana saya harus masukkan kunci startnya. Kok lubangnya tertutup?

Setelah dijelaskan anak saya,  baru paham. Rupanya di tempat kunci kontak ada dua lubang. Satu lubang dibuka dengan pangkal kunci yang berwarna hitam. Setelah lubang pertama dibuka, lubang kedua otomatis terbuka. Selanjutnya, kunci kontak dimasukkan dan distart. Ini yang membedakan dengan motor manual, karena cuma ada satu lubang kunci start.

Setelah mesin menyala dan motor dijalankan, kebiasaan ganti gigi waktu pakai motor manual, Honda Supra, masih terbawa. Waktu setelan gas di stang kanan diperbesar, spontan ada perasaan kaki kiri ingin memindahkan gigi.

Sebaliknya, waktu mengurangi kecepatan, selain rem yang saya tekan, tanpa disadari, kaki kiri juga reflek ingin menginjak pedal untuk ganti gigi 3 ke gigi 2. Kebiasaan lama yang belum bisa dihilangkan.

Lucu deh, padahal motor matik ini sudah nggak pakai gigi persneling. Cepat lambatnya laju motor, tergantung besar kecilnya gas yang kita atur di stang kanan. Nggak hanya itu, jika ingin mematikan mesin, nggak mesti harus dari kunci kontak. Cukup geser posisi standard dan mesin motor mati dengan sendirinya.

Sistem remnya nggak pakai kaki injak pedal rem lagi, tapi tangan kanan dan kiri yang menekan tuas rem di stang motor. Beda dengan motor manual yang perlu menyinkronkan gerakan tangan dan kaki untuk mengatur gas dan rem. Motor matik ini lebih simpel. Cukup menggunakan gerakan tangan untuk menambah kecepatan atau melakukan pengereman.

Belajar hal baru memang nggak mengenal batasan usia, itu kalau nggak ingin ketinggalan jaman dan perkembangan teknologi. Termasuk untuk urusan naik sepeda motor.

 

 

10 pemikiran pada “Belajar Naik Sepeda Motor Matik

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s