Cek Gula Darah dan Asam Urat

Tadi malam tenggorokan terasa gatal dan sering batuk-batuk. Makin malam, makin kuat batuknya. Padahal saya nggak merokok. Mungkin terlalu banyak makan yang digoreng-goreng waktu makan malam. Besok harus berobat dan minta obat batuk di klinik, pikir saya.

Pagi ini, setelah minta surat pengantar ke bagian personalia, bergegas saya berobat ke klinik untuk minta obat batuk. Setelah diberi obat batuk sirup dan vitamin, petugas medis tanya, ”Mau dicek gula darahnya, Pak?

Kebetulan sekali, sudah lama saya nggak cek gula darah dan asam urat. Mumpung ditawari, kenapa harus ditolak. Memang belum ada keluhan sendi kaki dan tangan terasa seperti ditusuk-tusuk, begitu kata teman yang pernah kena asam urat.

Ujung jari manis saya sodorkan untuk diambil darahnya. Setelah diukur, ini hasilnya : gula darah 103 dan asam urat 6,4. “Masih normal”, kata petugas medis sambil menulis angka-angka itu di kertas laporan.

Standarnya, kalau gula darah 100-200 dan asam urat di bawah 7. Setelah itu tekanan darah juga dicek, hasilnya  127/74. Masih tergolong normal. Detak jantung 83 pulse/menit.

Syukurlah, meski usia sudah kepala empat, tapi tekanan darah, gula darah dan asam urat belum melonjak. Kolesterol? Nah, ini yang waktu saya minta sekalian diperiksa, ternyata belum bisa karena sticknya habis.

Terkadang, karena sibuk kerja, berdagang, sekolah atau kuliah, kita nggak sempat lagi untuk periksa kondisi badan kita. Tekanan darah, asam urat, gula darah, detak jantung, kolesterol jarang kita cek secara rutin. Jika badan sudah drop dan jatuh sakit, kita baru sadar.

Sebaliknya, untuk cek kendaraan bermotor, kita rajin sekali melakukannya. Secara berkala kendaraan kita bawa ke bengkel untuk diservis, ganti busi, tune up atau ganti oli.

Padahal penyakit-penyakit seperti hipertensi, stroke, kencing manis bisa dideteksi secara dini bila kita rajin periksa kesehatan. Bukankah lebih baik mencegah daripada mengobati?

10 pemikiran pada “Cek Gula Darah dan Asam Urat

  1. kata temenku juga gitu mas, seharusnya orang2 punya kesadaran buat medical check-up paling tidak setahun sekali *padahal sendirinya belum pernah sekalipun x))*
    kayaknya sekarang emang harus jaga kondisi baik2 ya, lagi musim sakit soalnya🙂

    1. memang kalau lagi sehat dan kelewat sibuk, nggak sempat periksa kondisi badan kita ya, bro. padahal nggak lama kok periksanya dibandingkan kalau sakit dan harus berobat

  2. Aduh saya kemarin waktu periksa ternyata ada kolesterol sedikit. Gara-gara gorengan deh kayaknya, soalnya saya jarang makan santan-santanan… lebih suka yang polos2…
    Tapi memang juga jarang olahraga sih.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s