Memberi Makan Ikan

Ikan-Ikan

Beberapa hari ini, ada satu kebiasaan baru yang sering saya lakukan. Memberi makan ikan-ikan di kolam sebelum kerja. Sewaktu berangkat ke kantor, tak lupa saya bawakan beberapa potong kue atau makanan kecil lainnya.

Setelah berjalan kaki sekitar 5 menit dari rumah, saya sempatkan singgah dulu di taman depan kantor. Di situ ada kolam ikan. Bekerja di hutan memang beda dengan di kota. Karena jarak dari mess karyawan ke kantor nggak jauh, tiap hari saya cukup berjalan kaki pulang pergi ke kantor.

Taman

Beda dengan yang tinggal di kota. Tiap hari sebagian besar orang harus menggunakan kendaraan bermotor untuk pergi bekerja. Waktu tempuhnya pun sampai berjam-jam untuk sampai ke tempat tugas.

Ada hal yang menarik ketika saya memberi makan ikan-ikan itu. Seakan tahu ada orang yang membawa makanan, ikan-ikan itu pun tiba-tiba berenang mendekat ke tepi kolam. Ikan emas, mujair, nila semuanya berebut mendapatkan makanan yang saya lemparkan ke kolam. Rupanya lapar juga ikan-ikan itu.

Kalau ada anak-anak bermain di kolam waktu musim liburan, umpan ikannya bukan potongan kue atau makanan kecil lainnya. Tetapi serangga yang masih hidup. Kumbang, keriang, ngengat atau belalang mereka lemparkan ke kolam. Anak-anak itu pun berteriak-teriak kegirangan ketika umpan hidup itu dikejar oleh ikan-ikan.

Ikan Berebut Makanan

Ada keasyikan ketika melihat ikan-ikan itu berebut menyambar umpan yang dilemparkan ke kolam. Rasa ketenangan muncul melihat sekawanan ikan itu kembali berenang berkeliling ke-sana sini.

Saya pernah membaca suatu artikel bahwa relaksasi dalam hidup ini penting. Di tengah kesibukan kerja yang tak ada habisnya. Ditambah tuntutan pekerjaan yang makin meningkat, waktu kita untuk melakukan relaksasi sepertinya tidak ada lagi.

Jika hal itu terus-menerus kita alami, maka yang terjadi adalah keletihan fisik dan kejiwaan. Seperti yang dialami teman saya. Dalam statusnya di BBM, dia mengeluh karena mengalami letih raga, rasa dan pikiran. Saya juga baru tahu rupanya seseorang pada saat yang sama bisa mengalami tiga keletihan sekaligus.

Kalau badan atau raga kita letih, solusinya tidur yang cukup. Namun dua keletihan yang lainnya: rasa dan pikiran untuk menguranginya memang perlu cara lain. Relaksasi. Melakukan kegiatan di luar rutinitas untuk mengembalikan kepekaan dan kejernihan pikiran.

Salah satu caranya dengan melakukan kegiatan yang kita sukai. Memotret, bermain musik, berjalan-jalan, bermain dengan anak-anak, melukis, memasak, menulis dan juga memberi makan hewan piaraan. Termasuk diantaranya memberi makan ikan.

Yang jelas ketika rasa letih raga, rasa dan pikiran melanda, berhentilah sejenak dari pekerjaan rutin anda. Carilah suasana baru dan lakukan relaksasi. Kerjakan hal-hal yang disukai yang selama ini tidak pernah dilakukan karena kesibukan kerja. Selamat mencoba

11 pemikiran pada “Memberi Makan Ikan

  1. Menyenangkan ya pak Yudhi tinggal di desa, alamnya asri, udaranya bersih. Jika lelah bekerja masih banyak yang bisa dilihat di alam, spt melihat tanaman2 hijau, melihat dan memberi makan ikanpun bisa membuat hati senang, beda klo tinggal di kota yang dilihat tembok lagi tembok lagi😀 .

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s