Fakta Menarik di Kalender 2014

“Wah, bulan Mei tahun depan banyak liburnya, Pak. Sampai empat hari libur” kata teman kerja ketika membuka kalender meja tahun 2014. Obrolan tentang hari libur tahun depan itu mengusik rasa ingin tahu saya.

Setelah bolak-balik melihat kalender meja tahun 2014 di ruangan kerja saya, ternyata ada beberapa fakta menarik yang bisa kita lihat. Termasuk jatuhnya hari libur nasional. Tentu saja penetapan hari libur nasional termasuk hari besar keagaaman itu hasil ketetapan pemerintah dan masing-masing organisasi keagaamaan.

Penetapan hari libur nasional ini tentu ada dasarnya, yaitu sesuai Surat Keputusan Bersama Tiga Menteri Nomor 5 tahun 2013, Nomor 335 tahun 2013, Nomor 05/SKB/MENPAN-RB/08/2013 tentang Hari Libur Nasional dan Cuti Bersama tahun 2014. Lihat di sini

Apa saja itu fakta menarik itu?

1. Minggu Keempat Juli, Semua Hari adalah Hari Libur
Kalau kita lihat kalender 2014, ternyata hari libur paling banyak bukan bulan Mei. Tapi bulan Juli. Lihat saja pada minggu keempat. Setelah hari Minggu, semua hari mulai Senin hingga Kamis termasuk hari libur. Dua hari raya Idul Fitri, yaitu Senin dan Selasa tanggal 28-29. Ditambah dua hari cuti bersama pada Rabu dan Kamis tanggal 30-31.

Artinya, dalam seminggu itu semua hari adalah hari libur. Ini yang belum pernah ada sebelumnya. Pada tahun 2013, meski pada minggu kedua Agustus ada enam hari libur, ada satu hari kerja yaitu hari Sabtu. Hari libur itu adalah dua hari raya Idul Fitri tanggal 8 dan 9, serta tiga hari cuti bersama mulai tanggal 5, 6 dan 7. Meski hari Sabtu bukan hari libur dan termasuk harpitnas, faktanya terkadang sebagian orang ikut meliburkan diri.

2. Total Hari Libur dan Cuti Bersama Tahun 2014 adalah 19 Hari
Dibandingkan tahun 2013, tahun 2014 memiliki jumlah hari libur yang sama, yaitu 19 hari. Bedanya adalah pada tahun 2013, dari 19 hari libur nasional (5 diantaranya termasuk cuti bersama). Sementara tahun 2014, dengan jumlah hari libur nasional juga 19 hari, yang tergolong cuti bersama 4 hari.

3. Hari Buruh menjadi Hari Libur Nasional
Pada bulan Mei, hari Buruh yang pada tahun sebelumnya termasuk hari kerja, tahun 2014 ditetapkan pemerintah sebagai hari libur. Hal yang menarik adalah pada bulan Mei tahun depan, tiga hari libur bertepatan pada hari Kamis. Tanggal 1, 15 dan 29 untuk memperingati hari Buruh, hari raya Waisak dan Isra Mi’raj Nabi Muhammad SAW.

Nggak hanya itu fakta yang menarik pada hari libur bulan Mei. Kalau kita cermati, pada minggu keempat, hari libur nasional berselang-seling sehari dengan hari kerja. Jadi untuk siswa-siswa yang bersekolah dan para pekerja, setelah libur hari Minggu, hari Senin masuk. Kemudian hari Selasa nggak masuk, Rabu masuk, Kamis libur lagi, Jumat masuk lagi.

Bagaimana dengan hari Sabtu yang tanggalnya berwarna hitam? Ya, tentu libur lagi buat karyawan yang tempat kerjanya menggunakan lima hari kerja. Nah, kalau seperti itu, ada manfaatnya. Berarti dalam satu minggu full hari libur.

Lumayan, kan. Jadi nggak perlu menunggu liburan tahun ajaran baru, libur lebaran atau libur akhir tahun untuk bisa  berwisata dengan keluarga.

Penasaran? Silakan lihat kalender 2014.

Iklan

5 pemikiran pada “Fakta Menarik di Kalender 2014

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s