Akhirnya Naik Speedboat Lagi

IMG01713-20131212-1002

Kondisi jalan Nanga Pinoh – Logpond Popai yang rusak parah membuat transportasi via sungai menjadi satu-satunya pilihan.  Tidak ada jalan lain. Speedboat yang sebelumnya sepi penumpang karena jarang digunakan, sekarang justru yang paling dicari.

Hukum ekonomi pun berlaku di sini. Karena permintaan melebihi penawaran, harga akan meningkat. Karena banyak karyawan dan masyarakat yang menggunakan speedboat, tarif Pinoh – Logpond pun naik. Biasanya 60 ribu rupiah per orang menjadi 100 ribu. Penumpang pun mengomel dan protes. Naiknya 50 % lebih.

Namun apa boleh buat. Nggak ada pilihan lain. Jika memaksakan naik mobil dengan kondisi jalan rusak parah, resiko di depan mata siap menanti. Mobil amblas di lubang-lubang yang dalam.

Meski bisa lolos, tapi  harus antri menunggu mobil lainnya yang terjebak lumpur ditarik alat berat atau truck. Yang lebih parah jika berangkatnya siang dan terjebak kendaraan yang amblas. Bisa tidur dan menginap di mobil, seperti yang dialami dua orang rekan kerja.

IMG01721-20131212-1019

Pada kondisi seperti itu, Naik speedboat memang waktu tempuhnya lebih cepat. Sekitar satu setengah jam. Namun ada juga yang merepotkan,  waktu menuju dermaga speedboat. Harus naik dan turun tangga. Apalagi kalau banyak bawa barang.

Kalau yang nggak biasa, nafas bisa ngos-ngosan. Seperti ketika saya bertemu lima orang tamu dari Pontianak waktu tiba di logpond Popai.

“Istirahat dulu, pak. Habis napas saya waktu naik tangga tadi”kata salah seorang tamu sembari duduk di samping saya. Bawa badannya sendiri saja sudah berat apalagi kalau menenteng tas atau koper.

“Ha..ha..ha”. Nggak apa-apa, Pak. Hitung-hitung olahraga”jawab saya.

Iklan

16 pemikiran pada “Akhirnya Naik Speedboat Lagi

    1. Hahaha, dari dulu jaman sekolah sampai sekarang sudah kerja, agak susah nambah berat badan, mbak.
      Belum masuk kategori pria mapan alias perutnya maju ke depan 🙂

  1. biasanya di darat,sekali2 menikmati perjalanan dgn transportasi air,lebih asik…ada kesan tersendiri,tapi kok yo luarang eram ongkose pak 😛 😛 😛

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s