Walikota Gila Taman

tmn_bungkul1

Mungkin tidak ada walikota di negeri ini yang benar-benar memperhatikan penataan taman seserius walikota Surabaya, Tri Rismaharini. Saking cintanya dengan urusan taman, sampai-sampai ada yang menjulukinya Bu Wagiman alias Ibu walikota gila taman. Sedikitnya sudah 14 taman kota dimiliki Surabaya sejak dirinya menjabat walikota.

Salah satu hasil karyanya, Taman Bungkul, bahkan dinobatkan sebagai taman terbaik se-Asia mengalahkan taman yang ada di Singapura atau Hongkong. Wow. Karena prestasinya itu, Bu Risma, demikian bisa dipanggil dianugerahi penghargaan The 2013 Asian Townscape Award dari United Nations Habitat Regional Office for Asia and Pacific, di Fukuoka, Jepang,

Kenapa sih, Taman Bungkul bisa mengalahkan taman di Surabaya dan Hongkong? Kuncinya ada di partisipasi publik. Ceritanya sih, Taman Bungkul  didisain agar dapat dinikmati seluas-luasnya oleh masyarakat dan gratis. Semua lapisan masyarakat tanpa memandang status sosial bebas menikmati Taman Bungkul. Bersantai, bergembira ria dan tertawa-tawa di taman ini.

Kalau ada warga yang letih setelah kerja, bisa mampir dulu untuk sekedar ngupi-ngupi. Taman ini juga cocok untuk tempat jalan-jalan keluarga. Jadi yang namanya jalan-jalan keluarga itu nggak cuma ke Mall saja, seperti di kota-kota lainnya.

Sang ayah dan ibu sambil duduk dan ngobrol, bisa melihat anak-anaknya bebas bermain di taman. Selain tempat bermain anak, taman Bungkul juga dilengkapi dengan jogging track dan arena bermain skate board. Bagi pengunjung tua-muda yang nggak bisa lepas dengan koneksi internet, nggak perlu khawatir, karena taman tersebut juga dilengkapi Wifi. Orang bisa ketemu dan bicara transaksi bisnis di taman itu. Pelajar dan mahasiswa juga bisa belajar di situ.

Tapi hati-hati buat pengunjung yang punya niat lain. Mau mojok atau berbuat macam-macam di tempat ini. Siap-siap saja kalau didatangi petugas keamanan dan diinterogasi tanpa pandang bulu. Bahkan kalau sesekali kepergok Bu Risma, bisa-bisa ditegur dan dikuliahi.

Bu Walikota Surabaya ini memang suka sidak. Turun langsung memantau kondisi lapangan. Bahkan kalau ada sampah berserakan, Bu Risma nggak ragu-ragu untuk memunguti. Bukannya menyuruh petugas kebersihan. Lha, kalau pimpinannya saja mau mungut sampah, masa anak buahnya ogah-ogahan? Bahkan waktu ada kebakaran, ikut juga narik-narik selang pemadam kebakaran.

Mendengar dan membaca sepak terjangnya menata taman dan membenahi kota Surabaya, bikin saya bangga plus senang. Berbahagialah warga kota pahlawan memiliki walikota seperti beliau. Amanah dalam mengemban tugasnya. Fasilitas publik benar-benar diperhatikan. Taman-taman diperbanyak, trotoar pejalan kaki diperlebar. Sistem birokrasi juga disederhanakan. Perijinan sudah computerized dengan Surabaya Single Windows (SSW). Masyarakat bisa cek prosesnya secara online. Salut deh.

Saya yang bukan warga Surabaya cuma bisa bermimpi.  Kapan bisa jalan-jalan ke Surabaya? Bisa lihat taman Bungkul. Singgah ke Museum House of Sampoerna.  Menikmati rujak cingur atau lontong balap. Wah, baru membayangkan saja rasanya sudah senang. Apalagi kalau impiannya kesampaian. Karena hari ini  hari terakhir di tahun 2013, ini bisa jadi salah satu resolusi. Semoga impian itu bisa terealisir di tahun 2014. Caranya? Ya, langkah pertama membayangkan dulu deh. Terbang dari Pontianak ke Surabaya pakai Kalstar. Setelah puas keliling kota, istirahat sejenak di taman Bungkul.

Cuma itu? Nggak juga sih. Sempatkan ketemu juga dengan teman kerja yang sudah resign dan tinggal di dekat bandara Juanda. Katanya sih cuma 10 menit dari bandara ke rumahnya. Kalau masih ada waktu, inginnya sih sekalian kopdaran juga dengan teman-teman blogger yang berdomisili di Surabaya dan sekitarnya. Ah, sebuah impian yang semoga bisa jadi kenyataan. Please, help me ya Allah to make it real….

Sumber foto :

http://www.indonesia.travel/id/news/detail/1142/taman-bungkul-surabaya-terpilih-sebagai-taman-kota-terbaik-se-asia

28 pemikiran pada “Walikota Gila Taman

      1. me too. baru tehu juga lho saya…. dan saya masih berktp surabaya, males pindah ktp. berharap bisa beli rumah disono.

  1. kemarin nonton ttg beliau di you tube mas, katanya beliau itu sejajar dgn pak jokowi ya , andai byk org org keren seperti mereka di tanah air🙂

    1. Saya yg baru lihat gambarnya saja sudah senang dan bangga. Apalagi kalau bisa datang ke sana.
      Kalau tinggal di kota, sekali-kali boleh juga ajak keluarga jalan-jalan ke taman, mas

    1. Benar, mas Hind. Mau memikirkan kepentingan publik di atas kepentingan pribadi. Negeri ini memang perlu pemimpin yg langsung action dan nggak banyak berdebat atau berwacana.

  2. ibu Risma emang wao!! saya yang termasuk penggila taman gratis. dulu sebelum pindah, pasti deh digilir kunjungan ke taman taman itu. keren banget surabaya.

      1. hehehe… saya kerjanya di gresik, tapi sy ke sby dulu utk ikut shuttle. jadi yah PP tiap hari. 20 km.

  3. Loh, akhir tahun pak Yudhi ke Surabaya toh? Sayang ngga bertemu ya..gimana, sdh menikmati kota kami? Soal keteladanan bu Risma, lebih banyak disampaikan dari mulut ke mulut, drpd mengadakan konferensi pers🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s