Penebar Inspirasi

Judul postingan di atas terinspirasi tayangan Mata Najwa di Metro TV di hari pertama tahun 2014. Lima orang sang penebar inspirasi yang dihadirkan pada malam itu adalah Abraham Samad, Anies Baswedan, Ganjar Pranowo, Jokowi dan Jusuf Kalla.

Satu hal yang menurut saya menarik, ketika di akhir acara Najwa meminta komentar masing masing bagaimana  menghadirkan inspirasi untuk membangun negeri. Ada satu tanggapan Jokowi yang berkesan dan menjadi catatan saya:

“Kita harus lebih banyak menampilkan orang-orang yang baik di negeri ini. Anak-anak, remaja hingga mahasiswa yang berprestasi harus lebih banyak ditampilkan. Prestasi dan hasil karya mereka harus lebih sering diekspos media. Karena di negeri ini sebenarnya masih banyak orang yang baik dan berprestasi tapi jarang ditampilkan”

Benar apa yang disampaikan oleh Gubernur DKI itu. Selama ini, prestasi dan karya anak-anak muda dan orang-orang baik itu kurang mendapat apresiasi di negeri sendiri. Media lebih banyak meliput berita yang bernada negatip tentang kondisi tanah air seperti para pejabat yang tertangkap karena korupsi, penyalahgunaan narkoba, hingga tawuran pelajar dan kekerasan antar warga.

Kejadian negatip yang diulang-ulang ditayangkan oleh media tersebut lama-kelamaan akan memunculkan rasa pesimis dan skeptis tentang negeri ini. Sepertinya kondisi di tanah air makin memburuk dan kehilangan semangat serta optimisme untuk berbuat lebih baik. Warga seperti kehilangan harapan dan kepedulian dengan kondisi di tanah air.

“Setiap orang harus turun tangan untuk mengatasi kesulitan negeri ini” kata Anies Baswedan, ketika ditanya kenapa bergabung dengan konvensi Partai Demokrat yang sudah jelas-jelas pamornya merosot karena banyak politisinya terjerat kasus korupsi.

Dengan tangkas dan elegan Anies menjelaskan bahwa dia memilih konvensi karena tahapnya sudah tepat. Mulai dari proses penilaian. Kedua, semua partai saat ini politisinya terkena kasus koupsi. Kalau ingin turun tangan membenahi kondisi yang ada, tidak mungkin menungggu semua partai bersih dari korupsi baru kemudian bergabung. Kita jangan hanya jadi penonton, tapi jadi pelaku. Karena penonton biasanya hanya mengeluh dan suka menggerutu.

Menyimak acara tersebut, terasa ada semangat dan optimisme yang terbangun dalam diri ini ketika memasuki awal tahun 2014. Terlintas di dalam pikiran untuk membagikan cerita para penebar inspirasi itu ke teman-teman blogger. Kita memang harus menjadi pelaku sesuai peran kita saat ini. Menjadi pemain sesuai tugas dan pekerjaan kita masing-masing. Jangan sampai diri kita jadi penonton yang hanya bisa mengomentari apa yang dilakukan orang lain.

Memang apa yang kita lakukan belumlah sebesar hasil karya kelima orang yang hadir dalam acara Mata Najwa tersebut. Namun, minimal sebagai blogger kita juga dapat membangun rasa optimisme dengan berperan sebagai salah satu agen penebar inspirasi melalui tulisan. Kita dapat menggunakan kemampuan menulis untuk menebarkan inspirasi bagi pembaca. Menyebarkan virus optimism melalui karya tulisan kita.

Selamat Tahun Baru 2014 dan selamat menjadi sang penebar inspirasi untuk negeri ini.

12 pemikiran pada “Penebar Inspirasi

  1. ah, saya setuju dengan ucapan pak jokowi.
    saat ini yang ditampilkan media cuma yang buruk2 aja. langsung atau tidak langsung berita tersebut berpengaruh kepada masyarakat. menjadikan mereka apatis. akhirnya perubahan kepada kebaikan jad mandeg.
    harus berita2 baik yang dimunculkan… biar jadi penyulut semangat.

    1. ya, mas. kita juga perlu selektif untuk memilih acara di tv atau informasi yg tersedia di media lainnya. karena jika kita berulang-ulang menerima info negatip, secara psikologis akan mempengaruhi sikap dan pemikiran kita… dan terus berkarya dan tetap semangat untuk berbagi kebaikan

  2. betul mas..media informasi saat ini terlalu mengekspos keburukan dan kejelekan bangsa ini. padahal bangsa ini milik mereka juga. smoga kedepannya kita semakin menjadi lebih baik

    1. Padahal masih banyak sisi kebaikan bangsa dan negeri ini yang juga perlu diinformasikan ke publik. Melalui aktivitas ngeblog ini, kita juga bisa menampilkan sisi positip dan kebaikan bangsa ini..

  3. met taon baru juga mas…
    mdh2an thn ini saya bisa menginspirasi diri sendiri buat lebih maju. at least menginspirasi keluarga….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s