Menjelajah Hutan Hujan Tropis

Bagaimana kesan teman-teman setelah melihat tayangan video di atas? Apa perasaan yang muncul dalam hati? Waktu memutar ulang rekaman di atas, saya nggak menduga kalau suara gemericik air sungai bisa membuat badan ini agak rileks. Meski direkam secara amatir dari Blackberry dan durasi tayangannya cuma sebentar tapi mampu menyejukkan mata dan menjernihkan pikiran. Apalagi kalau merekamnya pakai handycamp, wah pasti gambarnya ciamik, lebih tajam dan jernih.

Itulah rekaman yang saya dapatkan ketika jalan-jalan ke hutan. Setelah berjalan satu setengah jam, sampailah ke tepi sungai yang deras alirannya. Hasil tugas mendadak yang saya terima dari boss untuk mendampingi dua orang tamu yang ingin sekali melihat air terjun.

Meski buru-buru dari base camp ke lokasi terakhir yang bisa dijangkau mobil dengan waktu tempuh setengah jam, tapi karena berangkatnya siang sekitar jam dua, tetap nggak kesampaian lihat air terjun. Waktunya keburu sore dan cuaca terlihat mendung. Bila ingin melihat memaksakan diri, sebenarnya jaraknya nggak jauh lagi karena hanya sekitar 150 meter.

Namun untuk sampai ke sana medannya menanjak dan licin. Harus menyeberangi arus sungai yang deras dan berbatu seperti di tayangan itu. Sudah berusaha mencari alternatif jalan lain namun tetap beresiko. Bisa saja memaksakan diri menyeberang sungai, namun melihat kondisi langit yang sudah gelap pertanda hujan niat tersebut diurungkan.

Safety first, utamakan keselamatan dulu daripada nekad menembus ke lokasi air terjun, tetapi malah resiko kecelakaan yang didapat. Kalau terjadi kecelakaan atau terpeleset hingga jatuh ke jurang, jadi panjang urusannya. Perhitungan tersebut ternyata nggak meleset. Setelah sekitar setengah jam istirahat di tepi sungai, rintik hujan mulai turun.

Bergegas kami berempat kembali ke lokasi tempat parkir kendaraan. Melewati jalan setapak yang sebelah kirinya tebing curam dan jurang di sebelah kanan, langkah kaki kami ayunkan hati-hati. Setelah berjalan sekitar satu jam dan diguyur derasnya hujan, akhirnya tiba juga dengan selamat. Lega rasanya bisa kembali.

IMG01637-20130912-1517

Sebelum naik ke mobil untuk kembali ke base camp, kami istirahat dulu dan menyempatkan mejeng untuk kenang-kenangan meski badan dan pakaian basah kuyup. Benar-benar pengalaman berharga bisa menikmati keindahan alam dan mata air hutan hujan tropis.

12 pemikiran pada “Menjelajah Hutan Hujan Tropis

  1. untuk menikmati keindahan alam yang tersembunyi itu terkadang memang gak gampang ya pak..medan yang berat, juga jalur nya yang susah dan juga capeknya itu lho..
    cuma semua itu nggak ada artinya jika kita sudah sampai tujuan dan menikmati bayaran yang diberikan oleh alam buat kita ^_^

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s