Kenapa Perlu Mengenali Karakter?

Dalam bekerja, sebenarnya yang sulit bukanlah mengerjakan tugas-tugas yang sudah digariskan dalam juknis, juklak atau SOP. Semua rincian pekerjaan yang ada itu bisa dipelajari. Yang nggak mudah dilakukan adalah mengenali karakter orang-orang yang ada di lingkungan kerja.

Bertahun-tahun bekerja dengan orang yang sama, bila tidak pandai-pandai mengenali karakternya akan menyulitkan langkah kita untuk berhasil dalam bekerja. Penguasaan materi sesuai bidang kerja kita saja ternyata tidak cukup. Karena kita tidak bekerja sendirian. Pasti kita memerlukan orang lain untuk menunjang kelancaran pekerjaan kita.

Mengenali karakter orang-orang yang terkait dengan pekerjaan kita. Inilah tugas yang harus diperhatikan seorang karyawan, wirausahawan atau profesional selain menguasai bidang pekerjaannya. Orang-orang di lingkungan kerja itu bisa bos kita, teman satu bagian atau anak buah yang berada di bawah supervisi kita.

Berbagai macam karakter dan sifat orang-orang di lingkungan kerja kita. Ada orang yang punya karakter cepat tanggap. Kalau dikasih tugas berusaha untuk cepat dikerjakan. Nggak ditunda-tunda, entar atau besok. Ada juga yang piawai kalau diminta menjelaskan hal-hal yang baru kepada orang lain sehingga mudah dipahami. Ada salah seorang kakak angkatan yang bekerja di perusahaan lain tidak terlalu menguasai teknis pekerjaannya, tapi dia jago menjalin relasi dengan pemimpin daerah, dari kepala dinas, bupati dan gubernur.

Dan bila kita telah mengenali karakter masing-masing orang itu, kita akan lebih mudah memilih bagaimana harus bersikap dengannya. Bagaimana harus memperlakukan dia. Jika kita ketemu dengan bos yang punya karakter cepat tanggap dalam tugas, kita yang harus bisa menyesuaikan diri dengan sikap langsung action.

Setiap ada tugas cepat digarap. Kalau ada masalah jelaskan dimana kesulitannya. Upaya apa saja yang sudah dilakukan. Kalau sudah selesai juga sampaikan perkembangannya. Tipe seseorang yang berkarakter cepat tanggap ini mengharuskan kita juga cepat bergerak dan langsung bertindak.

Terus kalau kita ketemu dengan teman kerja yang punya kemampuan public speaking yang bagus, kita perlu dekati dengan memintanya untuk tampil di depan umum. Menjelaskan target kerja yang harus diraih per bulan kepada staf, menyampaikan kebijakan-kebijakan terbaru di tempat kerja kepada karyawan lainnya, memintanya mempresentasikan kegiatan kepada tamu atau berdialog dengan masyarakat bila ada komplain terhadap tempat kerja kita. Menghadapi tipe orang seperti ini kita cukup menyampaikan poin-poin penting dan dia yang akan menjabarkan detilnya apa yang harus disampaikan.

Ada juga tipe karyawan yang berkarakter sebagai messenger yang baik. Si pembawa pesan yang selalu menceritakan informasi terbaru bagi rekan-rekannya, baik urusan pekerjaan maupun gosip di sekitar pekerjaan kita. Menghadapi orang seperti ini, jangan dijauhi karena tak semua informasi yang disampaikan salah.

Perlu kejelian kita untuk memilah dan memilih mana informasi yang benar dan memang kita perlukan dengan yang hanya sekadar gosip. Kita beruntung karena mendapatkan info gratis tanpa bersusah payah mendapatkannya.

Bagi yang bekerja di bagian pemasaran atau R & D, orang seperti ini diperlukan karena dengan mudah menyampaikan apa saja keluhan para pelanggan. Kecil kemungkinan dia akan menyimpan informasi dan digunakan hanya untuk kepentingan dirinya sendiri.

Karena orang yang berkarakter seperti ini memiliki kepuasan ketika dia dapat menyampaikan apa yang ia tahu kepada orang lain. Apalagi ketika lawan bicaranya menanggapi dengan melontarkan beberapa pertanyaan. Makin semangat dia mengungkapkan lebih banyak informasi.

Ilmu mengenali karakter orang lain ini memang tidak diajarkan khusus di sekolah, mulai dari tingkat SD hingga perguruan tinggi. Kita sendiri yang harus meluangkan waktu untuk mempelajarinya dalam sekolah kehidupan.

14 pemikiran pada “Kenapa Perlu Mengenali Karakter?

      1. Mendidik sendiri karyawan, justru itu yang bagus, mbak. Karena mbak Ika akan lebih paham karakter mereka, mengetahui kelebihan dan kekurangannya. Ibarat pelatih sepakbola, nanti mbak akan melihat siapa yang cocok dtempatkan sebagai bek, gelandang atau penyerang

  1. Semakin banyak dan sering berinteraksi dengan berbagai macam jenis dan sifat orang, biasanya kita mulai bisa menerka sifat asli dan pola kerja org tersebut….

  2. mengenali karakter memang perlu sekali, bukan hanya dalam pekerjaan, saya kira dalam pergaulan sehari – hari juga penting. jadi mikir nih,mas, sya termasuk orang berkarakter apa ya….?? dremimil kayane yo..??

    ide postingan yang mantap mas..thanks sudah berbagi.. pasti bermanfaat, terutama buat saya yang belum tahu dan menyadari karakter sendiri sepwrti apa.??

    1. benar sekali, bro. mengenali karakter dalam pergaulan juga perlu.

      kalau boleh menebak, anda itu orangnya humoris, suka bercerita, mudah menyesuaikan diri dengan lingkungan dan orang yang baru dikenal dan punya kemauan yang tinggi untuk belajar hal-hal baru.
      kalau tebakannya meleset ya harap maklum, lha wong ketemu saja beum pernah🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s