Naik Royal Bus DAMRI

IMG01741-20131217-0713

Untuk perjalanan pergi pulang dari Pontianak – Pinoh, sekarang sudah ada bis yang lebih nyaman. ROYAL BUS DAMRI yang tergolong bis super eksekutif. Kalau di Jawa, kita hanya bisa lihat bis-bis DAMRI yang bagus-bagus kebanyakan di bandara. Untuk melayani penumpang dari bandara ke kota. Jarang sekali armada ini melayani rute antar kota dalam propinsi maupun antar propinsi. Mungkin kalah bersaing dengan armada milik swasta.

Bis DAMRI di Kalimantan khususnya Kalbar memang berbeda dengan di Jawa. Di Kalbar, DAMRI bisa dikatakan berjaya. Punya armada dan layanan yang nggak kalah dengan bis-bis swasta. Semua rute antar kota dalam propinsi, bahkan antar negara dilayani oleh armada milik BUMN ini. Mereka punya pelanggan setia yang nggak mudah untuk beralih ke bis lainnya. Termasuk saya.

Kenapa saya memilih bis ini untuk transport Pontianak – Nanga Pinoh yang waktu tempuhnya sekitar 10 jam? Cara pengemudinya membawa mobil yang membuat saya terasa nyaman dan bisa tidur selama di perjalanan.

IMG01799-20140213-2338

Pernah juga saya beralih ke bis lainnya milik swasta, tapi kurang cocok dengan cara sopirnya mengemudikan kendaraan. Terlalu laju. Karena di dalam bis adalah kesempatan saya untuk tidur sepuas-puasnya. Apalagi kalau perjalanan malam hari.

Setiap perjalanan ada dua sopir yang menjalankan bis secara bergantian. Dari Pontianak bis menuju Sosok dan berhenti untuk istirahat dan makan malam. Ketika melanjutkan perjalanan dari Sosok ke Nanga Pinoh, sopirnya gantian.

Apalagi sekarang dengan diluncurkannya ROYAL BUS yang kapasitas tempat duduknya lebih sedikit dibandingkan yang berjenis eksekutif. Dengan formasi 1-2, satu baris terdiri dari satu tempat duduk tunggal dan 2 tempat duduk double. Kapasitasnya 29 penumpang.

Kursinya lebih lebar dan nyaman untuk tidur karena di bagian atasnya ada semacam pembatas untuk kepala. Meski jalan antara Tayan – Sosok – Sanggau banyak yang rusak dan berlubang, goncangannya nggak terasa kuat.

Harga tiketnya juga nggak jauh beda dengan yang eksekutif. Hanya selisih Rp 30.000. Kalau yang jenis eksekutif Rp 145.000, sementara yang super eksekutif atau ROYAL BUS Rp 175.000.

Selain tempat duduknya, yang membedakan tarifnya dengan bis yang eksekutif adalah di ROYAL BUS tersedia Wifi dan selimut.Untuk saya yang nggak tahan udara dingin, selimut ini sangat berguna. Karena meski sudah pakai jaket tapi masih terasa dingin kalau nggak pakai selimut.

Jadi kalau ada kesempatan jalan-jalan ke Kalbar, untuk transportasi antar kota dari Pontianak ke Sintang atau Nanga Pinoh, nggak ada salahnya mencoba bis ini.

Iklan

24 pemikiran pada “Naik Royal Bus DAMRI

  1. enaknya gitu Mas kalau naik BUS atau naik kereta..kita bisa tidur dengan pulas dan puas..apalagi kalau BUS atau keretanya nyaman pasti deh puas banget hehehe

  2. Maaf om Yudhi Hendra saya mau tanya info Bis Antar Negara di Pontianak Khususnya untuk Pontianak-Kuching..sya boleh minta nomer Kontak mas Yudhi ga ya…tau email atau pin BB mas biar sya bisa hubungi mas Yudhi… sya skrg bekerja di Bis Pahala Kencana Jakarta mas…

    1. Janse

      Mas saya ingin bertanya kalau bis DAMRI pontianak,banjarmasin berapa hari baru sampai.dan harga tiket nya berapa terus hari apa ada berangkat ke banjarmasin.

      1. Saat ini Damri Pontianak baru melayani rute Ponti – Sintang, Ponti – Nanga Pinoh, Ponti – Pangkalan Bun, Ponti – Kuching (Malaysia) dan Ponti – Brunei. Untuk rute Ponti – Banjarmasin belum ada.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s