Dari Karyawan jadi Wirausahawan

Setiap kejadian yang kita alami pasti ada maksud dibaliknya. Termasuk yang saya alami tadi pagi.

Ban mobil yang bocor mempertemukan saya dengan teman kerja yang sudah mengundurkan diri. Saat perjalanan dari camp ke Sintang, ban belakang kanan kendaraan kempes.

Untungnya bawa ban serep. Setelah ganti ban, pikiran selanjutnya adalah dimana mencari tambal ban. Sangat riskan kalau bepergian nggak bawa ban serep.

Setelah tanya dengan kawan yang di Pinoh, diberitahu kalau ada tambal ban di depan kompi. Di situ ada juga warung es jus.

Rupanya warung es jus dan tambal ban itu punya teman yang dulu pernah jadi karyawan. Namanya Supri. Sekarang sudah berhenti dari pekerjaannya sebagai sopir truck dan membuka usaha.

Dia punya punya usaha tambal ban, warung es jus, juga menawarkan sewa mobil kijang Pinoh-Pontianak. Dia juga menawarkan kalau ada tamu yang mau pakai mobil ke Pontianak. Ongkosnya 2,5 juta. Di belakang usahanya juga dia tanam sayur-sayuran.

Usaha tambal bannya dia langsung tangani, sementara warung es jusnya diserahkan ke istrinya. Lokasi usahanya cukup strategis karena di tepi jalan besar.

Dari warung es jus, saya lihat dia mengerjakan sendiri pekerjaannya. Mulai membuka velg, mengecek ban dalam, menambal sampai memasang lagi velgnya. Sementara istrinya membuat jus apel pesanan saya.

Nggak sampai satu jam, pekerjaan menambal ban selesai. Cepat juga ya. Saya tanya, “Berapa ongkos semuanya, termasuk dua gelas es jus”. Setelah berpikir sejenak, dia bilang, “Empat puluh ribu, pak. Ongkos tambal dua puluh ribu dan dua gelas jus dua puluh ribu”.

Sebuah pelajaran berharga saya petik hari ini. Bahwa setiap kejadian yang saya alami, yang awalnya terasa nggak nyaman sebenarnya menjadi jalan pembuka untuk mempertemukan dengan seseorang. Karena kalau ban kendaraan nggak bocor, mungkin saya nggak akan bertemu Supri.

6 pemikiran pada “Dari Karyawan jadi Wirausahawan

Tinggalkan Balasan

