Di Tengah Hutan Kalimantan

IMG_4961

Pemandangan di sekitar tempat kerja yang sehari-hari terkesan biasa, bila sedikit kita perhatikan akan terasa luar biasa. Mungkin karena kita tiap hari melihat obyek-obyek yang sama, jadi tidak ada yang terlihat istimewa.

Hal seperti itu juga sering saya alami. Setiap hari melihat pemandangan hutan dengan pepohonan yang hijau-hijau, lama-kelamaan indahnya warna hijau tak lagi menjadi sesuatu yang istimewa.

IMG_4963

Namun berbeda dengan kesan dari tamu. Mereka yang baru pertama datang sering bilang kalau pemandangan di sekitar base camp memang bagus. Kantor, taman, kolam, kondisi hutan di sekitar base camp suasananya terlihat alami, asri, bersih dan tertata. Mendengar komentar mereka, saya baru tersadar. Rupanya pemandangan yang selama ini saya anggap biasa-biasa saja, bagi mereka justru sesuatu yang berharga.

Oleh karena itu tidak heran, jika ada waktu luang atau menjelang pulang, biasanya mereka tak lupa memotret obyek-obyek tersebut. Apalagi yang hobi fotografi. Melihat pemandangan tersebut seperti menemukan harta karun yang tak ternilai.

Terkadang ada juga rekan-rekan kerja dari camp lainnya yang singgah. Sambil menunggu selesai mengurus surat keterangan bepergian di kantor, mereka memanfaatkan waktu untuk berpose di taman. Temannya yang mengarahkan dan memotret menggunakan kamera telepon seluler.

Melihat gaya mereka ketika dipotret, saya sering senyum-senyum. Ada yang duduk di atas batu di tengah kolam, berdiri di samping tanaman atau  berdiri dengan latar belakang hutan yang terlihat seperti lukisan alam.

IMG_4967

Bagi tamu-tamu yang hampir setiap hari bekerja dan tinggal di kota besar, pemandangan indah seperti itu mungkin hanya bisa dinikmati ketika mereka liburan ke luar kota dan mengunjungi tempat-tempat wisata alam. Menikmati suasana alam terbuka, merasakan segarnya udara pegunungan dan sejenak melupakan rutinitas pekerjaan. Juga kemacetan lalu lintas dan polusi udara yang semakin tinggi.

Melihat apa yang dilakukan oleh tamu-tamu, akhirnya saya berpikir bahwa semua pemandangan yang indah itu adalah anugerah yang harus disyukuri. Tanpa harus membayar dan bersusah payah mendapatkannya, saya bisa menikmatinya di sepanjang waktu.

Dan sebagai salah satu bentuk rasa syukur itu, beberapa hasil jepretan saya tampilkan di postingan ini.

10 pemikiran pada “Di Tengah Hutan Kalimantan

  1. Bagi yg tinggal di perkotaan, dimana setiap hari melihat tembok / gedung2 tinggi, terjebak macet, polusi udara dlll, pas melihat foto2 di postingan pak Yudhi ini rasanya ko enak yaa. Pulang kerja atau di akhir pekan bisa menikmati pemandangannya😉 .

      1. Akhir pekan saya suka ngurusin tanaman2 saya pak. Rumah ada 2 balkon, isinya ya tanaman semua :))) .
        Oh ya ditempatku sini klo akhir pekan (sabtu) toko2 tutupnya cepat jam 12. Minggu tidak ada yg buka sama sekali, jadi ya paling dirumah saja atau berkunjung ke rumah mertua.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s