Ketika Aysha Belajar Power Point

Tugasnya Aysha

Mata saya tertegun melihat selembar kertas yang bergambar anak-anak di kelas dan tulisan bahasa Inggris di bawahnya. Di bagian kiri bawah tertulis nama lengkap Aysha dan kelasnya. Kertas itu masih berada di atas printer, sehingga siapa pun yang akan memakai komputer pasti akan melihatnya.

Penasaran dengan kertas hasil karya Aysha tersebut lantas saya tanya ke istri,

”Ini tugas pelajaran apa?”

“Bahasa Inggris”

“Yang bikin tugas ini siapa?”

“Aysha. Slogan yang bagus akan dipilih gurunya dan dipasang di dinding ruangan kelas”.

Saya masih belum percaya. Aysha yang baru kelas 7 dan teman-temannya itu ternyata sudah mendapat tugas dari guru bahasa Inggrisnya membuat slogan. Tugas itu boleh dibuat dengan tulisan tangan atau komputer.

Dua hal yang membuat saya termenung. Pertama, anak yang baru duduk di kelas 7 itu sudah belajar aplikasi power point. Sebuah aplikasi office yang baru saya pelajari  ketika kuliah. Betapa cepat perubahan cara belajar di sekolah. Kalau boleh saya bandingkan, Ketika seusia Aysha, saya belum mengenal apa itu power point.

Kedua, terlihat bahwa dia mampu mengerjakan tugas itu dengan memilih tema slogan yang sesuai dengan tanggungjawabnya di kelas. Ditunjuk gurunya mengoordinir kebersihan kelas. Setelah proses belajar mengajar usai, dia belum langsung pulang. Tapi mengoordinir teman-temannya yang piket hari itu untuk menyapu ruangan kelas.

Saya belum tahu apakah slogan yang dibikin Aysha itu dipilih gurunya dipasang di kelas. Karena bisa jadi ada slogan buatan teman-temannya yang lebih bagus. Namun bukan masalah hasil karyanya dipasang atau tidak yang saya pikirkan. Yang lebih penting adalah dia telah mengerjakan tugas itu dengan baik. Mulai mencari gambar, memilih tulisan yang sesuai dengan gambar dan mencetaknya. Proses itu yang saya hargai.

Iklan

4 pemikiran pada “Ketika Aysha Belajar Power Point

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s