Jadi Pembaca Doa Selesai Tarawih dan Witir

“Ada seorang jamaah yang usul, pak. Kalau yang baca doa habis tarawih tahun ini sekalian ustadznya, gimana menurut bapak?”tanya teman kerja yang juga jadi ketua pengurus masjid.

“Sebaiknya pak Ustadz jadi imam sholat dan kasih kultum saja. Terus yang baca doa habis tarawih dan witir jamaah. Biar mereka dapat tugas dan nggak semuanya diserahkan ke pak Ustadz”jawab saya.

Saat bulan Ramadhan, pengurus masjid biasanya mendatangkan ustadz untuk mengisi kegiatan selama sebulan. Termasuk menjadi imam sholat Isya, kultum, sholat Tarawih dan Witir. Subuhnya juga sama. Pak Ustadz tugas jadi imam sholat shubuh, menyampaikan kultum dan acara tanya jawab. Berbeda dengan hari-hari selain bulan Ramadhan. Yang jadi imam sholat Maghrib, Isya dan Subuh biasanya dari karyawan.

Akhirnya ketua masjid pun setuju. Dia lalu menyusun jadwal petugas bilal dan pembaca doa. Setelah selesai, selembar kertas diserahkan kepada saya. Karyawan dapat giliran dua hari bertutur-turut baca doa. Selang dua minggu kemudian tugas dia lagi. Saya dijadwalkan  tanggal 1 dan 2 Juli. Ketuanya yang bikin jadwal juga kebagian tugas.

Ini adalah pengalaman kedua buat saya. Tahun lalu juga dapat tugas baca doa. Cuma waktu itu karena pertama kali dan rasanya kurang persiapan, jadi baca doanya tersendat-sendat meski sambil membaca.

Tahun ini karena sudah ditugaskan ya harus lebih baik lagi. Jangan sampai mengecewakan yang memberi tugas. Caranya? Perlu latihan dulu. Karena waktunya sudah mepet, hari ini jadwal diterima besok sudah harus dilakukan, akhirnya bacaan doa itu saya bawa ke kantor. Tujuannya supaya bacaannya lancar dan syukur-syukur bisa hapal. Di waktu nggak banyak kerjaan, saya baca berulang-ulang. Kalau ada kerjaan mendadak, berhenti dulu bacanya.

Alhamdulillah, tadi malam tugas itu sudah ditunaikan. Awalnya sebelum baca doa memang terasa berat, tapi setelah menjalaninya langsung lega. Plong rasanya. Semoga nanti malam dan jadwal selanjutnya juga makin lancar baca doanya. Aamiin

5 pemikiran pada “Jadi Pembaca Doa Selesai Tarawih dan Witir

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s