Liku-Liku Berburu Novel “Bulan Terbelah di Langit Amerika”

Bulan Terbelah di Langit Amerika

 Dua minggu lalu saya mencari novel “Bulan Terbelah di Langit Amerika (BTdLA)” di Gramedia Pontianak. Ternyata habis. Padahal sebelumnya waktu saya cek di komputer masih ada stok 5 buah. Tapi waktu saya cari-cari sesuai kode rak bukunya, kok nggak ada. Penasaran saya tanya ke mas petugas di bagian kasir.

“Novel Bulan Terbelah di Langit Amerika masih ada, Mas?“

“Sudah habis, Pak”, jawabnya sambil melihat etalase di depan kasir.

“Lho, tadi saya lihat stoknya di komputer masih ada lima”tanya saya lagi.

“Maaf pak. Stok yang ada di data komputer itu belum diperbaharui”ungkapnya

Rupanya novel karangan Hanum Salsabila dan Rangga Almahendra itu benar-benar laris. Best seller seperti novel sebelumnya: 99 Cahaya di Langit Eropa. Hari itu banyak pengunjung yang membeli sampai stoknya ludes. Dan untuk mencarinya di toko buku lain juga nggak mudah. Belum tentu ada. Kalau mau nunggu kiriman atau restok pasti lama.

Setelah kejadian di toko buku itu, tanggal 24 Agustus lalu saya ngetwit, “Bulan Terbelah di Langit Amerika di toko buku ludes. Saatnya berburu online”. Nggak diduga rupanya twit saya saat itu juga dimentioned oleh mbak Hanumrais, @hanumrais,”mudah2n bisa segera restock @edgarzfine”.

Saya nggak menyangka langsung ditanggapi oleh sang penulis novel. Tapi saya nggak tahu siapa itu @edgarzfine atau Edgar Prima. Mungkin dari bagian distributor atau penerbit novel tersebut. Karena setelah twit itu dia yang meneruskan obrolan.

Kemudian dia tanya lagi,”Di toko buku mana yaah?”.

Saya jawab,” Gramed Pontianak”.

Besoknya 25 Agustus dia memberi tahu kalau untuk Makasar dan Kalimantan buku @bulanterbelah sedang otw🙂.

Rupanya bukan cuma di Pontianak saja stok buku BTdLA waktu itu habis. Di Balikpapan, Samarinda, Banjarmasin, Palangkaraya dan Makassar stok buku itu juga nggak ada. Bahkan pembaca setia novel harus menunggu sampai dua minggu untuk mendapatkannya.

Nah, kembali ke cerita twit saya tadi. Usaha untuk beli buku BTdLA secara online pun saya lakukan. Pertama buka situs gramedia online. Stoknya ada tapi waktu mau pesan muncul eror di layar komputer. Ketika saya isi aplikasi pemesanan dan simpan, yang muncul justru kalimat untrusted certificate. Saya ulangi lagi isi aplikasi dari awal, yang muncul pesan itu lagi. Bolak-balik saya coba tetap muncul kalimat seperti itu. Waduh, saya yang nggak terlalu paham mengatasi eror seperti itu harus cari akal.  Masih banyak jalan menuju BTdLA.

Akhirnya saya coba beli di situs lain. Di bukabuku.com. Alhamdulillah di situs ini nggak muncul masalah. Saat belanja online sampai ke proses pembayaran, semuanya lancar. Kemarin malah saya dikasih tahu via email kalau barang sudah siap dikirim. Syukurlah, akhirnya kesampaian juga beli novel BTdLA. Nggak ada rotan akar pun jadi. Nggak bisa beli offline, online pun jadilah.

Sumber gambar: http://www.hanumrais.com/2014/05/sinopsis-bulan-terbelah-di-langit.html#.U_6hS3biBNw

8 pemikiran pada “Liku-Liku Berburu Novel “Bulan Terbelah di Langit Amerika”

  1. Wow, sebegitunya ya pak… Jadi penasaran, novelnya bener2 asik nggak pak? Harganya lumayan nguras dompet sih. Kalo banyak yang rekomen, mungkin saya bakal nabung untuk beli sih🙂

    1. Kalau baca sinopsis dan testimoni yg udah baca novel ini di twitter sih, novel ini memang perlu dibaca. ada hikmah besar setelah peristiwa 9 September di AS yg jarang diliput media dan dikisahkan dlm novel ini. sedikit promosi nih yee🙂

    1. Wow….. makasih banyak, mbak Hanum…….. Mimpi apa ya saya semalam, sampai dapat komen langsung dari pengarang novelnya. Nggak menyangka deh, rupanya mbak Hanum sampai mengikuti cerita perburuan sy mendapatkan novelnya. Benar2 surprise🙂

Tinggalkan Balasan

