Nuansa Budaya Lokal di Sebuah Bandara

IMG01956-20140910-1324

Bagi yang bepergian menggunakan pesawat, bandara adalah bangunan pertama yang dilihat ketika menginjakkan kaki di sebuah kota. Kesan pertama tentang kota tersebut seakan diwakili oleh keberadaan bandara. Dan saya terus terang mengagumi sebuah kota yang bangunannya mulai kantor pemerintahan, pusat bisnis, pasar, termasuk bandara punya ciri khas budaya dan keunikan daerah itu.

Bangunan khas dan unik yang bentuknya berbeda dengan daerah lain. Seperti kantor Gubernur Kalimantan Barat yang berbentuk seperti rumah betang atau rumah panjang. Atau disain bandara Tjilik Riwut di Palangkaraya yang atapnya memiliki ciri khas rumah adat Kalteng.

Sudah seharusnya seperti itu disain dan arsitektur bangunan di negeri kita. Setiap kota minimal ibukota propinsi, pusat pemerintahan atau fasilitas publik punya ciri khas bangunan yang tidak harus sama dengan kota lainnya.

Bukan berarti anti bangunan modern. Namun unsur-unsur budaya lokal perlu ditampung dan ditampilkan dalam wujud sebuah bangunan. Ini akan menjadi penanda sebuah kota. Sekaligus melestarikan bangunan dengan ciri khas budaya lokal, agar tidak hilang di tengah gencarnya pembangunan mall, apartemen, super blok atau kondominium.

Tak hanya itu, gedung atau bangunan yang berciri khas budaya lokal itu juga punya potensi memikat wisatawan. Sepanjang dikemas dengan menarik oleh pemerintah daerah, hal itu dapat menjadi obyek wisata yang menarik kunjungan wisatawan nusantara maupun mancanegara. Karena wisatawan biasanya mencari sesuatu yang khas dan unik di suatu daerah. Bisa berupa makanan, adat budaya hingga bangunannya.

Bersikap modern termasuk dalam membangun memang diperlukan, namun jangan sampai meminggirkan kekayaan budaya yang menjadi keunggulan negeri kita.

16 pemikiran pada “Nuansa Budaya Lokal di Sebuah Bandara

  1. iya… bener..
    tapi kadang ada om. bangunan yang punya ciri nuansa budaya malah diganti dgn modern.
    keren sih, tapi nilai budayanya g ada lagi.. g jadi unik lagi..😦

      1. benar mas, kita harus mendorong pemerintah untuk meningkatkan pelayanan di bandara, terminal dan stasiun agar citra naik masyarakat pun senang menggunakan model transportasi umum.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s