Pohon Bentuk Huruf Y, Gimana Menghitung Volumenya?

IMG_0060

Pernah lihat ketapel? Itu, lho, mainan anak-anak terbuat dari ranting pohon berbentuk huruf Y yang ujung-ujungnya diikat karet untuk melontarkan kerikil atau lempung.

Seperti itulah bentuk pohon yang pernah saya temui di hutan. Terus, kalau ketemu pohon yang batangnya bercabang dua seperti itu, gimana ya menghitung volumenya?

Waktu sekolah kita diajarkan menggunakan rumus matematika yang berlaku pada kondisi normal bahkan ideal. Termasuk kalau menghitung volume silinder menggunakan rumus 0,25 x π x  D² x P. Huruf D adalah diameter dan P adalah panjang.

Rumus ini juga bisa berlaku untuk pohon yang masih berdiri. Dan diasumsikan bentuk batangnya silindris seperti tiang listrik. Hanya ukuran panjangnya diganti tinggi.

Padahal kenyataanya di lapangan nggak sepenuhnya seperti itu. Ada juga pohon yang pertumbuhannya abnormal sehingga menghasilkan dua batang dalam satu pohon.

Nah, kalau menghadapi pohon seperti itu, gimana menghitung volumenya? Secara prinsip tetap menggunakan rumus di atas hanya saja dikalikan dengan yang namanya bilangan bentuk. Biasanya nilainya konstan yaitu 0,7. Hal ini karena batang pohon tak selalu mulus seperti tiang listrik :-). Jadi perlu ada bilangan pengoreksi volumenya.

Kembali ke foto di atas. Untuk menghitung volume pohon yang sudah tumbang itu, batangnya harus dipotong dua kali, misalkan menjadi batang A dan batang B. Menghitungnya juga dilakukan dua kali.

Volumenya dihitung dengan rumus VA = 0,25 x π (3,14) x D² x P x 0,7. D adalah diameter rata-rata pangkal dan ujung, P adalah panjang batang.

Untuk menghitung volume batang B juga menggunakan rumus yang sama. Nah, volume totalnya adalah volume batang A ditambah volume batang B. Vtotal = VA + VB.

Terus bagian pangkal batangnya yang berlekuk-lekuk itu kenapa volumenya nggak dihitung? Tidak, secara teknis kehutanan bagian itu tergolong limbah tebangan dan tidak dimanfaatkan di industri plywood. Bagian pangkal itu dibiarkan di hutan dan terurai menjadi sumber makanan mikroorganisme dan tumbuhan lainnya.

Iklan

6 pemikiran pada “Pohon Bentuk Huruf Y, Gimana Menghitung Volumenya?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s