Bayar Pajak Kendaraan tak Hanya Di SAMSAT

Pernah bayar pajak kendaraan? Di mana biasanya kalau bayar pajak kendaraan? Selama ini saya sering ke SAMSAT kalau mau bayar pajak kendaraan.

Rupanya tak hanya di SAMSAT. Di bank milik pemerintah daerah, kita juga bisa bayar pajak kendaraan. Dulu namanya Bank Pembangunan Daerah (BPD). Kalau di Propinsi Kalimantan Barat, sekarang sudah ganti nama menjadi Bank Kalbar. Nama banknya disesuaikan dengan nama propinsi di mana bank tersebut berada. Nggak juga harus ke kantor pusatnya. Pilih saja kantor cabang yang lokasinya dekat dengan rumah.

Seperti yang saya alami waktu mau bayar pajak sepeda motor. Awalnya minta foto copy BPKB dari perusahaan pembiayaan plus semacam surat pengantar. Biayanya 10 ribu. Maklum motor kreditan 🙂

Setelah itu saya langsung ke gerai SAMSAT di Mega Mall. Rupanya jam bukanya mulai jam 14.00 – 16.30. Pas datang ke situ baru jam 13.00, akhirnya pulang dulu ke rumah makan siang. Jam 14.15 saya dan si bungsu, Nabil, datang ke situ lagi. Pelayanannya sudah buka, tapi ada masalah dengan jaringan komputernya. Padahal beberapa orang sudah datang. Petugasnya bilang kalau jaringannya ada gangguan dan nggak bisa dipastikan sampai berapa lama bisa normal kembali.

Terus gimana dengan kami yang mau memperpanjang masa berlaku STNK? Petugas bilang supaya ke cabang Bank Kalbar terdekat. Karena malam itu juga saya harus kembali ke Nanga Pinoh, urusan ke bank saya serahkan ke istri. Besoknya istri ke bank Kalbar cabang Tani Makmur dan bayar di situ.

Prosesnya cukup mudah, cukup bawa KTP pemilik kendaraan dan STNK asli. Setelah bayar pajak plus dendanya STNK yang baru langsung jadi. Masalah dendanya juga sama. Mau terlambat satu hari, satu minggu atau tiga bulan seperti yang saya punya, rupiah yang dibayarkan sama. Ini beda dengan bayar Pajak Bumi Bangunan. Makin lambat dibayar makin besar dendanya.

Iklan

4 pemikiran pada “Bayar Pajak Kendaraan tak Hanya Di SAMSAT

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s