Nama Sama di Tempat Kerja yang Bikin Salah Paham

Nama orang yang sama di tempat kerja kadang-kadang membuat salah paham kalau penyebutannya nggak lengkap. Saya pernah mengalami hal seperti itu.

Karena bekerja di camp dan waktu itu belum ada jaringan telepon, komunikasi satu-satunya saat itu menggunakan radio SSB dan Handy Talky (HT). Waktu itu saya masih tinggal di camp cabang di km 54, belum di base camp atau camp induk di km 35. Setiap camp ada radio SSB dan operator induknya di km 35.

Suatu saat, ada berita masuk ke radio SSB km 54. Operator radio bilang istri pak Yudhi besok mau naik ke camp. Saya yang menerima berita langsung berpikir. Untuk apa istri saya ke camp? Ada masalah apa kok sampai dia harus ketemu saya langsung? Kenapa dia nggak pernah cerita sebelumya mau ke camp? Waktu itu saya dan istri memang sudah LDR. Saya kerja dan tinggal di camp, istri dan anak-anak tinggal di Pontianak. Sampai sekarang juga masih keterusan LDR-nya.

Biasanya kalau istri dan anak-anak mau camp, pasti bilang dulu. Ada rencana yang dibicarakan dulu dengan saya. Berapa hari di camp, apa saja yang harus disiapkan, sampai tanggal berapa pulangnya. Tapi berita SSB itu bikin saya bingung dan penasaran.

Akhirnya, besoknya saya turun ke camp induk di km 35 untuk menanyakan kepastian berita itu. Di camp km 35 ada laporan berita SSB yang tiap hari dibuat oleh operator SSB induk. Saya baca laporannya dan ada berita yang tertulis: dari istri untuk pak Yudhi H. Isinya besok naik ke camp.

Saya cerita ke teman di km 35, kayaknya nggak mungkin  istri saya naik ke camp. Nggak pernah dia naik ke camp mendadak seperti ini. Akhirnya, teman di bagian personalia cerita kalau berita itu ditujukan untuk pak Yudhi H yang berada di camp 35. Ooo begitu… Memang ada karyawan lainnya di camp km 35 yang lebih tua dari saya, namanya Yudhi Hartono dan biasa disingkat Yudhi H. Sedangkan saya Yudhi Hendro biasa ditulis Yudhi H juga.

Mungkin kalau istri pak Yudhi Hartono itu datang dan langsung diantar sopir ke camp km 54, nggak cuma saya yang bingung, pasti dia bingung juga. Pas ketemu saya mungkin dia berpikir, kok suami saya jadi lebih muda dan ramping begini? 🙂

14 pemikiran pada “Nama Sama di Tempat Kerja yang Bikin Salah Paham

  1. Hehehe, memang suka jadi bikin ada kejadian nama sama ini Pak. Kalo saya sih seringnya nerima email-email dari unit lain yang harusnya ditujukan ke orang lain.😀

  2. Sebagai yang nama panggilan yang pasaran, saya juga merasakan ini.. jadi kalau manggil itu jadinya bukan nama panggilan sehari-hari tapi nama khusus yang dikasih temen-temen.. hahaha

Tinggalkan Balasan

