Mengapa Panggilan Telepon Nggak Langsung DIJAWAB?

Pernah kan waktu menelepon teman, kolega atau keluarga kemudian nggak langsung dijawab? Gimana perasaan kita saat nada dering telepon berbunyi terus, tapi nggak ada tanda-tanda direspon? Yang saya rasakan sih agak jengkel. Terkadang kesal sudah telepon yang kedua kali masih juga nggak dijawab. Tapi setelah beberapa kejadian saya alami, saya berkesimpulan jangan berpikir negatip dulu si penerima nggak mau menjawab panggilan kita

Dalam pikiran kita, dengan handphone di tangan tentunya akan lebih mudah menghubungi seseorang. Mudah ditelepon di mana pun dia berada. Kalau ada yang menelepon, bisa langsung terima dan jawab panggilan.

Namun pada kondisi-kondisi tertentu, bisa saja kita nggak segera membalas telepon itu. Bukan berarti nggak mau segera merespon, tapi situasinya yang nggak memungkinkan. Apa saja kondisi yang nggak memungkinkan kita langsung menjawab panggilan telepon?

1. Saat Berkendara di Jalan
Gara-gara menerima panggilan telepon saat berkendara, saya pernah berurusan dengan polisi. Kejadiannya waktu itu pagi hari setelah mengantar anak-anak ke sekolah. Pulangnya melewati pertigaan yang lagi ramai dengan anak-anak sekolah dan karyawan yang akan bekerja.

Cuaca saat itu sejak pagi hujan. Saya dengan istri naik mobil dan saya yang menyetir. Di pertigaan itu memang belum ada lampu lalu lintas. Jadi setiap hari ada beberapa petugas polisi yang mengatur lalu-lintas.

Saat itu saya dapat giliran berhenti paling depan karena arus lalu lintas dari arah depan diberikan kesempatan belok kanan. Saat itu handphone di sisi kursi berdering. Refleks saya angkat dan jawab panggilan dari staf yang ada di camp. Belum selesai bicara seorang polisi mendekati jendela dan menyuruh saya menepikan mobil. Setelah itu dia minta saya menunjukkan STNK dan SIM. Semua yang diminta saya tunjukkan.

Setelah itu saya disuruh ke polsek dan SIM saya ditahan. Alasannya karena menelepon saat berkendara. Sejak saat itu, kalau ada panggilan telepon masuk pas lagi menyetir, saya biarkan dulu sambil cari tempat untuk menepi. Setelah itu baru telepon balik. Nggak mau lagi langsung buru-buru angkat telepon dan bicara. Pernah juga dapat cerita dari bos, gara-gara menerima telepon dan bicara saat berkendara, mobilnya sampai menabrak pengendara motor.

2. Saat Handphone nggak Pas di Sisi Kita
Kalau poin dua ini ada sedikit unsur ketidakberuntungan. Kadang-kadang pas handphone kita bawa nggak ada panggilan masuk. Tapi saat handphone diletakkan di meja atau nggak kita bawa, tiba-tiba ada telepon masuk.

Nah, kalau seperti ini biasanya saya cek dulu telepon dari siapa. Kalau dari nomor nggak atau belum dikenal nggak langsung saya telepon balik. Tapi kalau dari nomor yang dikenal apalagi dari keluarga, teman kerja atau boss ya segera telepon balik.

3. Saat berada di Ruang Rapat dan di Tempat Ibadah.
Ada beberapa perusahaan atau instansi yang melarang peserta rapat untuk mengaktifkan handphone. Bahkan yang super ketat, handphone dilarang keras dibawa saat rapat dan harus disimpan di satu tempat. Tujuannya sih supaya hal-hal yang tergolong top secret saat rapat tidak sampai terekam dan terdokumentasi.

Saat menjalankan ibadah, baik di masjid, gereja, vihara sebaiknya handphone juga kita matikan atau minimal statusnya silent. Lucu dan bikin heboh kan kalau lagi melaksanakan ibadah, karena lupa menonaktifkan handphone terus ada panggilan masuk yang nada deringnya “Sakitnya tuh disini” 🙂.

4. Di SPBU
Pernah waktu mengisi premium di SPBU, ada panggilan masuk tetap saya biarkan. Waktu itu saya ingat kalau handphone agar  dimatikan saat mengisi BBM di SPBU. Saya lupa matikan handphone dan khawatir kalau langsung saya angkat dan jawab, terus ada percikan api dan menimbulkan ledakan di SPBU. Lebih baik sabar, menunggu keluar dari SPBU baru saya lihat dan telepon balik jika penting?

Gimana pengalaman teman-teman saat menelepon? Apakah sering juga nggak langsung dijawab?

Tinggalkan Balasan

