Karena Sibuk Kerja Sampai Lupa Ini Hari Apa

“Pagi ini cuacanya cerah“kata saya membuka obrolan sarapan pagi dengan dua teman kerja.

“Nggak terasa ya udah akhir tahun” sahut teman kerja bidang pemrograman

“Nggak terasa karena banyak kerjaan, Pak. Coba kalau nggak ada kerjaan, satu hari terasa lama”komentar saya.

Memang begitu kalau sedang banyak kerjaan, waktu terasa kurang. Bahkan ada teman lain yang bilang,”Yang kerja di hutan kayak kita ini kadang nggak ingat sekarang hari apa. Ingatnya ya hari Jumat karena ada Jum’atan”

Lupa sekarang hari apa, tanggal berapa bisa saja dialami oleh orang yang sibuk kerja. Mungkin bukan maksudnya untuk sengaja melupakan hari dan tanggal. Tapi karena kesibukanlah yang menyebabkan pergantian hari dan tanggal itu terlewatkan tanpa terasa.

Beda dengan orang yang nggak ada kesibukan adan pekerjaan. Menunggu pergantian hari terasa lama. Sehari terasa seminggu. Seminggu terasa sebulan. Sebulan terasa setahun. Mungkin seperti itu rasanya.

Akhirnya saya berpikir, karena aktivitas atau kegiatan lah yang membuat waktu terasa cepat atau lambat. Secara hitungan waktu tetap sama, sehari 24 jam. Sejam 60 menit. Tapi ada tidaknya kegiatan yang membuat kita merasa waktu itu kurang atau sebaliknya waktu begitu lama berlalu.

Itulah sebabnya tiap hari saya selalu membuat catatan apa saja yang harus dikerjakan hari ini. Siang harinya saya cek apa saja yang sudah dikerjakan dan apa saja yang belum. Supaya dalam pergantian waktu itu ada yang harus dikerjakan. Supaya tahu poin-poin yang harus diselesaikan dalam satu hari.

Misalkan dari 8 poin, sudah dikerjakan 5 poin. Nah, yang 3 poin diusahakan diselesaikan hari itu. Kalau nggak selesai ya dimasukkan lagi dalam catatan untuk dikerjakan besoknya. Ditambah lagi poin-poin yang dikerjakan pada besok pagi.

Benar kalau ada yang bilang bahwa pekerjaan yang nggak selesai hari ini dan dikerjakan besok maka beban pekerjaan pada hari esok akan bertambah. Karena esok hari sudah ada jatah pekerjaan lain yang menunggu untuk diselesaikan.

Jadi kalau sudah seperti itu, hari minggu atau hari libur pun akhirnya digunakan untuk bekerja. Apalagi untuk pekerjaan yang punya deadline.

Bagi yang bekerja di hari minggu atau hari libur, selamat menikmati hari minggu pagi yang cerah. Sambil menikmati segelas teh hangat atau secangkir kopi yang nikmat sebelum beraktivitas.

Iklan

7 pemikiran pada “Karena Sibuk Kerja Sampai Lupa Ini Hari Apa

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s