Sekarang Beli US Dollar Harus ada NPWP

” Susah, Mas. Mas sendiri saja yg datang ke teller. Persyaratannya harus ada surat pernyataan, NPWP dan KTP”cerita istri saya via BBM.

“Udah, nanti mas transfer aja lewat SMS Banking”jawab saya ketika itu masih di camp.

“Enggak bisa, Mas. Petugasnya minta mas yang datang dan ngurus sendiri”dia menjelaskan lagi.

“Ya, udah, kalau gitu tunggu sampai saya turun ke Pontianak”balas saya. Dalam hati saya bilang masa cuma beli 300 US dolar saja ketat banget aturannya.

Setelah dapat cerita istri kalau sekarang ada beberapa persyaratan untuk beli dan transfer US dolar, saya jadi penasaran. Apa memang seperti itu?

Jawaban itu nggak sengaja saya dapatkan beberapa hari kemudian. Kebetulan pas menemui pak bos waktu menyerahkan bahan rapat, sekalian saya coba tanya masalah itu.

“Sekarang kalo beli dolar kok susah ya pak”tanya saya. Belum sempat saya cerita panjang lebar kisah istri yg gagal beli dan transfer dolar, dia langsung menjawab,”Sekarang kalau beli dolar memang ketat. Harus punya NPWP. Isi pernyataan. Nggak kayak dulu lagi. Sudah ada aturan baru dari BI”

“Oo, begitu, ya Pak”saya manggut-manggut. Rupanya pas bos tahu juga informasi itu.

“Kalau nggak mau cara seperti itu pakai kartu kredit saja. Sudah punya kartu kredit?”tanya pak bos.

“Wah, kalau kartu ATM ada, pak, tapi kalau kartu kredit nggak punya”jawab saya terus terang. Seumur-umur memang yang namanya kartu kredit itu saya nggak punya… Hahaha

“Sekarang mau buka kartu kredit juga ketat, lho” kata pak bos tanpa menjelaskan secara detil ketatnya dimana. Padahal yang saya tahu, dulu bank yang malah sering pasang iklan menawarkan kartu kredit.

Dan akhirnya apa yang dibilang istri dan pak bos tadi benar. Ketika tadi siang saya ke bank dan berdiri antri di depan teller, ada pemberitahuan yang diletakkan di atas meja. Isinya saya baca sekilas setiap pembelian mata uang dolar Amerika sampai dengan US 100.000 syaratnya diminta membuat surat pernyataan, NPWP, KTP dan satu poin lagi saya lupa.
Terus di bawahnya juga disebutkan sesuai aturan dari BI nomor dan tanggal sekian.

Saya dan istri baru mengerti aturan baru itu ya setelah dapat masalah. Setelah mengalami kejadian gagal beli dolar.

“Ya, ini untuk pengalaman Mas. Ada hikmahnya juga. Nanti kalau ada teman atau tetangga mau beli dolar, kita bisa jelaskan supaya syaratnya dilengkapi dulu. Jangan sampai punya anggapan kalau beli dolar itu masih kayak dulu.

Cuma ada satu pertanyaan istri yg belum bisa saya jawab,”Kalau ibu rumah tangga kayak saya ini kan nggak punya NPWP. Terus kalau mau beli dolar gimana, Mas?”

4 pemikiran pada “Sekarang Beli US Dollar Harus ada NPWP

Tinggalkan Balasan

