Mudahnya Mencari Lokasi dengan Google Maps

Setelah tertunda beberapa hari, kemarin akhirnya jadi juga mencari alamat pakai bantuan Google Maps. Dengan berbekal kartu nama di tangan, saya masukkan di kolom isian Google Maps alamat yang ingin saya datangi: Villa Ilhami. Langsung muncul beberapa kalimat dengan huruf depan Villa. Saya pilih Villa Ilhami, Kelapa Dua, Tangerang.

Google Maps langsung menyorot lokasi yang saya cari, lengkap dengan alamat-alamat jalannya. Kenapa sih kok cari alamat pakai Google Maps? Karena baru pertama kali saya mau datang ke lokasi itu. Ceritanya hari Sabtu, 28 Maret, rencananya mau ke Jakarta. Lebih tepatnya ke Tangerang, karena lokasi yang saya cari di Google Maps rupanya masuk propinsi Banten.

Sebelum berangkat, cari informasi dulu lokasinya di sebelah mana? Terus kalau dari bandara Soetta lewat jalan mana saja. Saya perhatikan benar nama jalan yang dilewati dari bandara, mulai jln Husein Sastranegara, jln Daan Mogot, jln M. Thamrin, melintas jln Tol Jakarta-Merak dan terus ke arah barat. Sekitar 300 meter lewat dari sungai Cisadane terus belok kiri, sampailah ke perumahan Villa Ilhami. Setelah konfirmasi ke keluarga, rupanya lokasi perumahan itu masuk daerah Karawaci.

Nggak cuma itu, setelah tahu alamatnya di peta saya juga bisa lihat foto lokasi rumahnya. Secara visual bangunannya kelihatan cukup jelas, juga rumah-rumah tetangganya. Jenis kendaraaan yang diparkir pun nampak.

Kalau cari alamat dan lihat di peta sih kelihatannya sederhana. Gampang carinya. Yang belum tahu nanti waktu menjalaninya. Gimana kondisi terbaru di jalan, daerah mana saja yang lalu lintasnya sering macet baru ketahuan setelah mengalami sendiri. Semuanya baru tahu setelah naik kendaraan dari bandara menuju lokasi. Sebenarnya bisa juga tanya kondisi terbaru di jalan sama keluarga, atau teman-teman blogger .

Tapi dengan melihat Google Maps dulu, minimal saya nggak buta sama sekali dengan lokasi yang akan dituju. Kalau sudah pernah lihat rutenya di peta digital, minimal waktu naik taksi sudah dapat informasi awal dari internet. Sudah ada persiapan dulu sebelum berangkat. Dan sekarang saya lagi cari informasi, rumah makan mana saja yang dekat dengan perumahan itu🙂. Juga dengan bantuan Google Maps.

9 pemikiran pada “Mudahnya Mencari Lokasi dengan Google Maps

  1. Wah ada yang ke Jakarta nih. :d
    Saya pernah sih mas. Google maps juga mengoleksi data check-in oleh para user sayangnya. Dan banyak user yang agak cuek dengan check-in yang tidak sesuai tempat. Akhirnya saya mencari lokasi di Cibubur nyasar sampai ke Depok pedalaman. hahaha Padahal berangkat dari Cibubur yang gak jauh dari tempat yg dicari.

    1. Iya, sekai-kali refreshing, bro. Kalau dari hutan refreshingnya ke kota besar… :-)… Kayaknya selain pakai google maps, masih perlu juga pakai GPS untuk cari alamat yach…

  2. Andalan saya banget ini Pak Yudhi.. Hihihi. Btw lagi di Jakarta Pak? Gak ngajakin kita kopdaran nih? Hihihi. Saya di Tangerang Pak..

    1. Iya, bro. Pengin juga sih kopdaran, tapi sempat nggak ya. Soalnya nggak lama di Jakarta, cuma sehari semalam.

      Besoknya terbang lagi. Btw, Tangerangnya di daerah mana nih? jauh nggak dari perumahan Villa Ilhami di Karawaci?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s