Melayani Pembaca Blog

“Kalau sewa Royal, apa bisa, Pak?”

Demikian pertanyaan salah seorang pembaca blog dua hari lalu via email. Menerima pertanyaan seperti itu saya pun langsung menjawab,”Mengenai sewa bis Royal, sebaiknya langsung ditanyakan ke Damri, Mbak”. Saya sebutkan juga nomor telepon kantor bis tersebut. Saya sarankan seperti itu karena saya sendiri belum punya informasi yang lengkap bagaimana menyewa bis tersebut. Selain itu, agar dia juga bisa mendapat informasi dan berkomunikasi langsung dengan agen bisnya.

Melayani pembaca blog ternyata tidak hanya menjawab komentar blogger lain di postingan. Bagi saya, setiap pertanyaan yang masuk via email meski bukan dari blogger juga selayaknya ditanggapi. Bagaimana pun juga, dia sudah meluangkan waktu untuk membaca postingan dan menjelajah isi blog kita.

Jika dia selanjutnya tertarik karena ada informasi yang cocok dengan yang dicari, berarti postingan kita minimal telah memberikan jalan untuk memperoleh jawaban. Bukankah tulisan dalam blog adalah satu referensi yang sering digunakan oleh pembaca untuk mendapatkan informasi?

Tak hanya sekali saya menerima pertanyaan seperti itu. Sebelumnya ada juga seseorang yang tinggal di Jakarta dan akan bepergian ke Kuching, Malaysia dan bertanya via email. Bisa jadi setelah membaca blog saya yang membahas bis yang rutenya dari Pontianak ke Kuching, dia tertarik dan ingin tahu lebih banyak. Akhirnya komunikasi aktif pun terjalin via email.

Yang lebih seru adalah yang pernah saya ceritakan tentang seorang guru dari Jawa yang akan ditempatkan di salah satu kecamatan yang termasuk paling hulu di kabupaten Katingan. Dia banyak mendapat informasi tentang kondisi kecamatan tersebut, kehidupan masyarakatnya dan bagaimana menuju ke ibukota kecamatan, setelah membaca blog dan berkomunikasi intensif via email. Ibukota kecamatan di mana dia akan mengajar itu memang pernah saya posting di blog.

Melayani pembaca blog adalah salah satu kebahagiaan yang saya rasakan sebagai blogger.

9 pemikiran pada “Melayani Pembaca Blog

Tinggalkan Balasan

