Belajar Transfer File di Gawai dari Anak

Memang betul kalau anak-anak sekarang lebih akrab dengan perangkat gawai dibandingkan orangtua. Termasuk dalam hal mengoperasikan fitur-fitur di dalamnya. Contohnya ketika saya kesulitan mentransfer foto dari smartphone android ke BlackBerry (BB). Yang saya tahu bluetooth keduanya harus diaktifkan. Sudah saya coba seperti itu tapi file foto dari android nggak terkirim ke BB.

Satu-persatu teman kantor yang terbiasa mengoperasikan gawai saya tanya. Jawabannya bermacam-macam. Ada yang bilang, “Wah kalau BB seri 6 memang agak susah kalau transfer data dengan android. Beda kalau seri 10.

Ada juga yang bilang,”Memori BB-nya penuh, Pak. Jadi sebagian fotonya harus dihapus dulu”. Kalau saran yang pertama tidak saya praktekkan karena berarti saya harus ganti gawai dulu baru bisa transfer foto. Saran yang kedua saya coba dan ternyata juga belum bisa mentransfer file.

Setelah sampai di rumah, saya tanya sama si sulung, Dea, yang saat ini kelas XI,”Gimana sih, kalau pindahkan foto dari android ke BB. Papa sudah coba pakai bluetooth tapi nggak bisa”

“Bluetoothnya udah diaktifin?”

“Sudah. Nih, coba lihat”sambil saya serahkan kedua gadget itu kepadanya.

Saat keluar dari kamar saya tanya,“Sudah bisa?”

“Sudah, Pa”. Terus dia menunjukkan langkah-langkahnya. Terakhir adalah sending using bluetooth yang ada di BB.

Ooo, rupanya perintah ini yang nggak saya pakai. Pantas kalau file nggak terkirim-kirim. Untuk urusan gawai dan pengoperasiannya, terkadang kita memang harus belajar dari anak-anak kita.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s