Menelepon dan nggak Dijawab Apa Sebabnya?

Ketika kita menelepon seseorang dan saat itu belum menjawab, jangan kesal. Saat kita SMS dan si penerima belum langsung membalas, jangan sewot. Bisa jadi ketika kita menelepon, orang tersebut sedang mengemudikan kendaraan dan untuk menjawab dia harus menepikan kendaraan dulu. Mencari tempat untuk berhenti sebentar. Kalau dia tidak sendirian di dalam mobil bisa saja dia serahkan handphone ke orang di sebelahnya untuk menjawab panggilan itu.

Hal seperti itu pernah saya alami ketika pada malam hari sedang berada dalam perjalanan. Bersama keluarga malam itu rencananya mau makan di luar. Belum sampai lima menit, terdengar dering telepon dan langsung saya serahkan ke istri karena saya pada posisi menyetir mobil. Rupanya bos yang menelepon. Sementara istri menjawab panggilan telepon, saya menepikan kendaraan dan berhenti sebentar. Akhirnya gantian istri yang menyetir dan saya duduk di sampingnya.

Pembicaraan terus berlangsung sekitar 10 menit dan sekitar 5 menit kemudian kami sampai di warung bakso yang menjadi favorit keluarga. Syukurlah akhirnya dua kegiatan bisa berjalan lancar. Menjawab panggilan telepon dan makan malam di luar rumah juga tetap bisa dinikmati.

Bisa saja pada malam itu saya menghentikan mobil dan menerima panggilan telepon. Berbicara sampai selesai, baru berangkat lagi. Tapi gimana dengan anak-anak dan istri yang ada di mobil? Saya nggak mau kalau mereka harus menunggu saya selesai bicara.

Saya nggak mau menjawab telepon dan berbicara sambil nyetir mobil, baik pada posisi mobil berjalan atau berhenti sementara di perempatan. Resikonya itu, lho. Pernah waktu saya berhenti di pertigaan jalan dan menjawab panggilan telepon kena marah polantas. Saat itu mobil saya pada posisi berhenti di urutan pertama dan menunggu giliran lewat. Telepon berbunyi dan saya terima. Nggak saya sadari kalau lalu lintas dari arah saya sudah boleh lewat. Gara-gara mobil yang seharusnya sudah boleh jalan tapi saya masih berhenti, akibatnya antrian kendaraan di belakang tambah panjang.

Memang kalau kita menelepon atau kirim SMS, kita ingin supaya segera direspon. Segera dijawab dan dibalas. Namun kalau kenyataannya justru sebaliknya, telepon belum dijawab dan SMS belum dibalas, berprasangka baik saja. Bisa jadi si penerima telepon atau SMS itu sedang mengerjakan sesuatu hal yang penting. Bukannya dia tidak mau menjawab panggilan atau membalas SMS. Kalau saya mengalami hal seperti itu, ada panggilan telepon masuk dan nggak bisa langsung saya jawab, asalkan dari nomor yang dikenal langsung saya telepon balik.

Bersikap positip dan berprasangka baik juga nggak ada salahnya kita lakukan saat menelepon dan mengirim SMS.

8 pemikiran pada “Menelepon dan nggak Dijawab Apa Sebabnya?

  1. Betul sekali Pak. Penting untuk tetap berprasangka baik Pak. Kalo enggak bisa emosi sendiri. Hehehe. Pengalaman pribadi soalnya.

Tinggalkan Balasan

