Kopdar Terunik dan Tersingkat

Kopi darat tanpa ngopi. Seperti itu status yang tertulis di BBM salah satu blogger setelah ketemu saya dalam waktu yang singkat.

Ide untuk ketemu alias kopi darat dengan kang Zainal mungkin cukup unik. Biasanya kalau kopdar, kita ketemu di café, rumah makan atau tempat-tempat nongkrong lainnya. Tapi waktu saya kopdar sama dia, ketemunya di depan warung makan. Bukan di dalam warung makan sambil menikmati segelas kopi panas kental manis atau secangkir teh hangat. Waktunya juga cukup singkat, sekitar tiga menit saja.

Kopdar di depan warung makan? Benar. Ini true story. Kok, ketemunya di depan warung makan. Kenapa nggak sekalian di warung makannya? Mungkin seperti itu pertanyaan teman-teman blogger. Ingin tahu ceritanya?

Sebenarnya sudah lama saya ingin kopdar sama kang Zainal. Demikian juga sebaliknya. dia sering tanya kapan ya kita bisa kopi darat. Karena udah lama kenal dan belum pernah kopdar, akhirnya muncul ide unik untuk kopdar.

Waktu itu di BBM, kang Zainal bilang kalau mau mengajukan proposal sumbangan untuk membangun asrama santri di dekat tempat tinggalnya. Saya bilang ok dan nanti kalau ketemu, proposalnya saya bawa dan edarkan ke teman-teman di camp.

Cuma yang nggak mudah itu menentukan kapan ketemunya. Sampai akhirnya tercetus gagasan untuk menjemput proposal. Menjemput proposal? Ya, bukan proposalnya yang diserahkan kepada saya. Tapi saya yang menghampiri kang Zainal untuk mengambil proposalnya.

Lewat BBM, komunikasi pun berjalan intensif. Minggu pagi 7 Juni saya kirim pesan buat dia.

“Saya hari ini mau ke Pontianak. Naik bis Damri yg berangkat jam sembilan pagi. Kira-kira jam 10 sampai Pandan.

Proposalnya disiapkan ya”kata saya

“Ya, Mas. Saya ambil dulu proposalnya di pondok”jawabnya

“Nanti kita ketemu di depan masjid ya. Nanti saya bilang sama sopir bisnya supaya berhenti sebentar”pesan saya lagi.

“Kalau bisa, bisnya berhenti di depan warung makan bu Karti, Mas. Saya tunggu di situ”jawabnya.

“Ok, kalau sudah lewat depan Brimob akan saya beritahu”balas saya.

Waktu itu itu saya belum paham kenapa kang Zainal kok maunya nunggu di depan warung makan Bu Karti dan bukan di depan Masjid.

Sampai di simpang Pandan, bis pun berjalan pelan. Saya yang duduk di kursi 4A bersiap-siap turun dari bis.

“Berhenti sebentar di depan warung bu Karti, mas”pinta saya ke sopir bis.

Bis pun menepi, saya berjalan melewati beberapa penunpang yang duduk di antara supir dan pintu bis. Setelah sopir kedua membukakan pintu, saya bergegas turun

“Alhamdulillah, akhirnya kita bisa juga ketemu”kata saya. Rupanya kang Zainal sudah berdiri di depan pintu. Begitu saya keluar dari bis langsung disambut dengan senyumannya hangat.

“Wah, nggak nyangka bisa ketemu ya. Ini proposalnya, Mas” katanya sambil menyodorkan satu map berisi proposal sumbangan.

Setelah membaca sekilas, saya bilang,”Proposalnya saya bawa ke camp, ya”. Saya pun pamit. Masuk lagi ke dalam bis dan melanjutkan perjalanan ke Pontianak. Benar-benar proses kopdar yang cukup singkat dan unik.

Bis pun perlahan bergerak lagi dan ketika melewati ujung warung makan bu Karti, saya baru paham mengapa Kang Zainal ingin kopdar di tempat itu. Rupanya dia juga nggak ingin jauh-jauh dari tempat jualannya yang berada di samping rumah makan bu Karti.

Di dalam bis, saya tulis pesan lagi,”Wah, kalo tahu jualan es buah, tadi saya pesan jus melon atau tomat. Saya suka minum jus, Kang”

Dia pun menjawab,”Kalau tadi pesan, saya siapkan seporsi, Mas, untuk di perjalanan”

8 pemikiran pada “Kopdar Terunik dan Tersingkat

  1. nia

    Mas hendro aku tdnya silent rider..tp akhirnya greget pingin comment kapan y kopdar sm kel mas hendro..skrng aku d ponti

    1. Makasih, mbak Nia udah jadi silent reader di blog saya… Wah, kalau mau kopdar sama keluarga sih silakan saja… dengan senang hati akan kami terima… Btw mbak Nia di Ponti tinggal dimana nih? Untuk komunikasi lebih lanjut via email yaaa 🙂

Tinggalkan Balasan

