Tak hanya Ramah, tapi juga Memberi Solusi

“Ada yang bisa dibantu, Pak?”tanya Customer Service Oficer (CSO) berjilbab yang ramah itu.

“Saya mau daftar SMS Banking, Bu”jawab saya kepada petugas salah satu bank milik pemerintah itu. Kalau saya ke bank, jarang-jarang saya panggil CSO atau teller-nya dengan sebutan Ibu. Biasanya saya panggil dengan sebutan mbak. Tapi mulai saat itu, saat menunggu antrian saya berubah pikiran. Toh nggak ada ruginya buat saya kalau saya panggil Pak atau Bu.

“Bisa pinjam buku tabungan dan KTP-nya, Pak?”

“Minta tolong sekalian bukunya dicetak ya, Bu”jawab saya sambil menyodorkan buku tabungan dan KTP. Saya pikir sekalian saja minta tolong, karena biasanya setelah satu kerjaan diselesaikan, dia akan tanya lagi apa yang dibantu.

Jadi biar nggak bolak-balik dari meja kerjanya ke bagian teller. Hitung-hitung membantu meringankan pekerjaannya🙂

Setelah itu dia menyodorkan selembar kertas yang harus saya tandatangani.

Selesai mengerjakan prosedur SMS Banking, saya tanya lagi,

”Kalau mau install SMS Bankingnya di Black Berry gimana, Bu?”

“Bisa dicari di fitur Black Berry World, Pak”.

“Saya sudah pernah cari, Bu, tapi nggak ada”jelas saya

Lalu dia bantu cari dan ternyata memang nggak ada.

“Coba saya browsing ya, Pak”dia mengetikkan alamat website banknya di google. Setelah ketemu dia klik dan mencari aplikasi SMS banking.

Setelah mencoba berulang kali dia bilang”Wah, kok nggak bisa didownload, ya”.

Nggak putus asa, dia nanya ke CSO lain yang duduk disampingnya. Setelah diotak-atik, tetap saja nggak bisa didownload.

“Mungkin aplikasi SMS Bankingnya nggak kompatibel dengan Black Berry Bapak”kata temannya. Apakah memang seperti itu ya, BB Gemini 9300 saya nggak kompatibel untuk diinstall SMS Banking.

Setelah proses download gagal, CSO yang pertama tadi memberikan penjelasan.

“Begini, Pak. Bisa pakai cara lain. Kalau bapak mau cek saldo, tekan saja kode bintang, nomor sekian bintang dan seterusnya. Setelah masuk ke menu, bapak bisa pilih apakah mau cek saldo, transfer atau keperluan lain”. ungkapnya

Saya praktekkan apa yang disarankan petugas tadi. Percobaan pertama gagal, karena setelah saya telepon nomor yang disebutkan, nggak ada notifikasi.

“Gimana, Pak?”

“Belum ada notifikasi, Bu”jawab saya agak kecewa.

“Seharusnya setelah bapak telepon, langsung ada notifikasi. Coba bapak ulangi lagi”ungkapnya dengan sabar.

Saya ketikkan lagi bintang nomor sekian bintang dan pagar. Benar apa yang dikatakannya. Nggak lama setelah itu muncul notifikasi yang menyebutkan saldo tabungan saya. Syukurlah, akhirnya bisa juga.

“Bapak sebaiknya catat kode tadi, supaya nggak lupa”katanya lagi.

“Ya, Bu”jawab saya sambil menuliskan kode tadi di notes BB.

“Ada lagi yang bisa dibantu, Pak”tanyanya sambil senyum.

“Wah, sudah cukup banyak ibu bantu saya. Makasih sekali”jawab saya sumringah🙂.

Dari kejadian itu, saya baru tahu ternyata karyawan yang bertugas sebagai CSO itu nggak cuma bermodalkan wajah yang ramah, penampilan rapi dan bersikap telaten waktu menghadapi nasabah. Ada satu lagi yang penting dan menjadi nilai plus. Dia juga mengerti teknologi informasi, khususnya pemanfaatan gawai untuk mobile banking dan solusi alternatifnya jika muncul masalah.

8 pemikiran pada “Tak hanya Ramah, tapi juga Memberi Solusi

  1. Setuju banget Pak. Saya suka salut sama org yg kerja jadi CSO. Mereka tuh sabar banget. Menghadapi customer yg marah2 aja tetep senyum.

  2. Prngalaman saya dulu setiap ada fitur baru pasti ada sosialisasi dan pasti ada ujiannya Pak. Minimal roleplay sehari sekali. Hihihi.

Tinggalkan Balasan

