Kebahagiaan Orangtua Ketika Mengantar Anaknya ke Sekolah

“Datang kapan, Pak?”tanya seorang teman kerja dari camp yang berbeda

“Hari Senin 27 Juli kemarin”jawab saya

“Wah, nggak bisa ngantar anaknya hari pertama sekolah ya, Pak”ungkapnya

‘Ya, saya sudah berangkat 26 malam karena waktu ijin sudah habis. Tanggal 27 harus sudah berada di tempat tugas lagi”tambah saya dengan nada sedikit pelan.

Ada perasaan sedih saat itu ketika di hari pertama sekolah, saya nggak bisa mengantar anak-anak ke sekolah. Padahal selisihnya cuma satu hari dari jadwal saya berangkat ke camp.

Berbahagialah orangtua di hari Senin pagi itu yang dapat mengantar anaknya pada hari pertama sekolah. Satu jam setelah saya sampai di Pinoh, saya baca di internet kalau Menteri Pendidkan Nasional, Anis Baswedan, mengeluarkan surat edaran. Isinya menghimbau para orangtua meluangkan waktu pada hari pertama masuk sekolah agar mendampingi anak-anaknya ke sekolah. Mungkin itu salah satu cara agar hubungan orangtua dan anak semakin erat. Orangtua tahu bagaimana sekolah anaknya. Anak juga merasa ada perhatian dan peduli dari orangtuanya.

Kalau saya ada di Pontianak, pagi hari saya luangkan waktu untuk bisa mengantar anak-anak ke sekolah. Selesai sarapan, terus berangkat dari rumah jam 06.15. Bersama sama Andra, Nabil, Aysha dan ibunya naik kendaraan roda empat. Tujuan pertama ke sekolahnya Andra dan Nabil karena jam masuk sekolahnya jam 06.30. setelah itu ke sekolahnya Aysha yang masuknya jam 07.00. Selesai mengantar anak-anak sekolah, biasanya mampir dulu di warung belanja langganan. Setelah itu baru pulang ke rumah.

Ada keasyikan tersendiri yang saya rasakan saat mengantar anak-anak ke sekolah. Berbagai pemandangan saya lihat di jalan. Ada anak-anak yang jalan kaki ke sekolahnya, ada juga yang naik sepeda. Juga melihat orangtua di jalan yang memboncengkan anaknya. Pernah saya lihat malah ada tiga anak yang diantar sekolah pakai motor. Dua orang duduk dibelakang bapaknya, satu anak yang lebih kecil duduk di depan. Apa nggak overload tuh motornya.

Sampai di sekolah, pemandangannya tambah bermacam-macam lagi. Setelah mobil saya parkir, biasanya saya atau istri ikut mengantar ke halaman sekolah. Terkadang juga istri yang mengantar dan saya tunggu di mobil.

Senyum-senyum saya waktu lihat penampilan orangtua saat di halaman sekolah. Meski anaknya diantar pakai mobil mengilap, tapi yang bawa mobil malah kelihatan belum mandi. Mungkin buru-buru berangkat ke sekolah supaya nggak terlambat, jadi nggak sempat mandi. Ada juga orangtua yang sudah berpakaian rapi, pakai seragam kantor atau pakaian dinas menggandeng anaknya memasuki halaman sekolah. Melihat orangtua yang sudah necis seperti itu, bisa jadi setelah mengantar anaknya ke sekolah mereka nggak akan pulang ke rumah tapi langsung ke tempat kerja.

Ada juga beberapa murid yang naik bis sekolah. Beruntunglah anak-anak yang sekolahnya punya bis, jadi mereka nggak harus minta orangtuanya untuk mengantar. Ada juga sih yang sudah SMA bawa motor sendiri ke sekolah. Kok tahu sudah SMA? Ya, dari seragamnya yang dipakai, abu-abu. Kalau pakai pakaian biasa susah juga menebak apakah dia masih SMA apa sudah kuliah karena anak-anak sekarang kan umumnya pertumbuhan badannya cepat.

Berbagai macam pemandangan menarik dari rumah ke sekolah yang selama sebulan hilang karena libur panjang. Namun mulai hari Senin itu, berbagai kesibukan yang mewarnai jalan raya itu kembali hadir. Bergegas ke sekolah dengan berbagai cara. Baik berangkat maupun diantar orangtuanya.

8 pemikiran pada “Kebahagiaan Orangtua Ketika Mengantar Anaknya ke Sekolah

  1. hehehe… saya juga kadang senyum sendiri kalau papasan ama ibu-ibu yang masih pakai daster/baju tidur memboncengkan anaknya berseragam sekolah dan rapi🙂
    Dalam hati membatin, nggak apa-apa belum mandi, tapi mbok ya ganti baju dulu

Tinggalkan Balasan

