Cukup 3 Jam Mengurus JHT 10%

image

Mengurus pengambilan Jaminan Hari Tua (JHT) 10 % ternyata mudah dan cepat. Tidak perlu waktu berhari-hari. Tapi cuma dalam hitungan jam. Mudah karena bisa diurus sendiri, nggak perlu pakai perantara. Sepanjang syarat-syaratnya lengkap, prosesnya cepat.

Ini yang saya alami ketika mengurus langsung pengambilan JHT 10% di kantor BPJS Ketenagakerjaan Pontianak.
Datang jam 9 pagi, saya langsung ambil formulir isian, yaitu:
1. Formulir pengambilan klaim.
2. Formulir surat pernyataan.
3. Formulir koreksi perubahan.

Setelah mengisi formulir itu, saya siapkan juga KTP, kartu Jamsostek, surat keterangan dari tempat kerja yang menyatakan masih berstatus sebagai karyawan. Fotocopynya juga saya siapkan.

Setelah saya serahkan ke petugas pertama yang menerima berkas itu, saya diminta menunggu. Waktu giliran dipanggil, bapak petugas itu bilang kalau satu syarat belum ada : fotocopy Kartu Keluarga.

Langsung saya telepon minta tolong istri untuk bawa foto copy KK itu ke kantor BPJS karena kalau saya pulang ke rumah, perlu waktu lama. Waktu itu istri juga lagi keluar rumah. Rencana ke kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil. Setelah saya jelaskan masalahnya, dia akhirnya setuju pergi ke kantor BPJS dulu. Sebelum menyerahkan berkas tadi, jangan lupa bawa meterai 6.000 rupiah. Saya dari rumah belum tahu kalau harus bawa meterai. Untung di kantor BPJS tersedia meterai, jadi nggak perlu keluar kantor.

Setelah fotocopy KK dan meterai saya lengkapi, petugas itu menyerahkan ke petugas di sebelahnya. Selanjutnya ada proses verifikasi data. Di sini ada satu formulir yang harus ditandatangani bagian HRD. Jadi nggak hanya tanda tangan saya. Oleh karena malamnya saya sudah harus pergi ke Nanga Pinoh, saat itu juga saya bergegas ke kantor.

Setelah dapat tanda tangan bagian HRD dan cap perusahaan, balik lagi saya ke kantor BPJS. Setelah menyerahkan surat tadi, nggak sampai lima menit saya dipanggil petugas yang kedua untuk dipotret.

Selesai dipotret, saya diminta menunggu lagi untuk mengambil dananya. Jam 12.10 alhamdulillah petugas kasir memanggil nama saya.

Mudah dan cepat prosedurnya, asalkan kita lengkapi syarat-syaratnya. Nggak hanya itu, karyawan termasuk security yang bertugas di BPJS Ketenagakerjaan juga layak diacungi jempol. Mereka cukup sabar menjelaskan dan sigap saat melayani para pekerja yang datang.

4 pemikiran pada “Cukup 3 Jam Mengurus JHT 10%

  1. Saya juga pernah mengurus pengambilan jht ketenagakerjaan empat bulan lalu. Pengurusan sekarang lebih simpel gak bertele-tele dan pelayanannya ramah. Gak kayak jaman tahun 90-an yang acuh tak acuh.
    Kalo dipikir, lha ngambil uang sendiri kok dipersulit? haha…

Tinggalkan Balasan

