Ketika Beribadah bukan lagi Sebatas Kewajiban

“Meski hawanya dingin, kalau bangun terus mandi dan sholat subuh berjamaah hati jadi tenang,” cerita seorang teman ketika sama-sama pulang dari masjid.

“Pernah juga sudah terdengar azan subuh, tapi waktu itu saya bukan buru-buru mandi atau ambil air wudhu, malah nyaman neruskan tidur. Paginya rasanya menyesal sekali”lanjutnya.

Mendengar ceritanya, nampaknya dia benar-benar merasakan nikmatnya beribadah sholat subuh. Saat dia merasakan penyesalan karena sholat subuhnya terlambat, sebenarnya saat itulah ibadah sholat bukan lagi sebuah kewajiban, tapi kebutuhan. Saat kita merasa menyesal karena tidak dapat beribadah sebagaimana yang seharusnya, saat itulah sebenarnya kita memerlukan ibadah.

Jika seseorang sudah sampai pada tahap ini, maka amal ibadah berupa sholat, puasa, sedekah, baca Quran tidak lagi sebatas perintah dari Allah yang harus dikerjakan. Namun maknanya lebih dari itu. Kitalah sebenarnya yang memerlukan ibadah itu untuk kebaikan diri kita.

Sudahkah kita melakukan ibadah karena kita memerlukannya dan bukan sekadar melaksanakan kewajiban?

Iklan

3 pemikiran pada “Ketika Beribadah bukan lagi Sebatas Kewajiban

  1. Teman mas itu menurut saya bukan lagi pada tahap kebutuhan tapi sudah kepada tingkat cinta.
    Saya merasakan ibadah sholat subuh berjamaah itu lebih nikmat daripada sholat sendiri. Tapi memang godaannya di pagi hari itu juga berat. Kebanyakan setelah terjaga langsung disambung tidur lagi. Saya juga sering begitu. 😦

    1. Benar, masbro. Sebuah ibadah yg dilakukan atas dasar kecintaan tak akan membuat kita merasa lelah. Awalnya memang berat bangun awal dan sholat subuh berjamaah. Namun kalau punya niat dan tekad kuat, lama2 terbiasa.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s