Orang Kurus pun Bisa Punya Kolesterol Tinggi

Selama ini sebagian orang beranggapan kalau kolesterolnya tinggi itu biasanya dialami orang gemuk. Ternyata faktanya nggak seperti itu. Orang kurus seperti saya pun bisa juga lho kena kolesterolnya tinggi.

Awalnya sih beberapa hari ini kepala rasanya kok berat dan agak pusing. Kalau pagi sekitar jam 9 atau 10 juga sering mengantuk. Pasti ada yang nggak beres dengan badan ini. Harus cek darah untuk tahu penyebabnya. Umur kepala empat seperti saya memang perlu segera cek kesehatan kalau ada tanda-tanda seperti itu. Idealnya sih kontrol kesehatan dilakukan rutin beberapa bulan sekali.

Setelah makan malam, saya nggak makan lagi sampai pagi. Cuma minum air putih. Besoknya, sebelum sarapan, berdua dengan teman kantor kami pun menuju klinik perusahaan.

Giliran pertama saya. Tekanan darah diukur dan kata petugas medis normal, 120/75. Terus diambil sampel darahnya. Asam urat normal, angkanya 5,3. Diusahakan angkanya jangan sampai lebih dari 7 ya. Setelah itu cek gula darah, juga masih relatif normal, angkanya 104, standarnya diusahakan dibawah 100. Rasanya sudah senang deh semuanya masih standar.

Nah, giliran diambil darah lagi untuk periksa kolesterol, perasaan hati berubah setelah petugas media bilang,”Kolesterolnya tinggi, Pak, 244”. Wah, ini rekor kolesterol tertinggi, karena sebelumnya saya pernah kena  sampai 242.

“Saya nggak kasih bapak obat, bapak atur pola makan saja. Kurangi yang digoreng. Juga olahraga teratur”saran petugas medis.

Sejak itu, makanan yang digoreng saya kurangi. Kalau makan telur, direbus dulu, putih telurnya saja yang saya makan. Kuning telurnya disedekahkan ke teman.🙂

Nah, bagi yang punya badan kurus atau langsing, jangan senang dulu ya atau merasa nggak mungkin kena kolesterol tinggi. Juga yang masih muda-muda, jangan lupa juga cek kesehatan. Semakin awal kita tahu penyebab gejalanya, semakin dini juga kita tahu gimana mengatasinya.

6 pemikiran pada “Orang Kurus pun Bisa Punya Kolesterol Tinggi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s